Mulut Kering Tanda tak Nyaman

Mulut KeringMesin tak bisa bekerja tanpa bantuan oli. Seperti juga mulut manusia, akan tersiksa tanpa air liur. Sedikit orang yang menyadari arti penting air liur dalam kehidupan, khususnya dalam kesehatan mulut. Salah-salah, mulut kita menjadi tidak nyaman.

Air liur dalam bahasa kedokteran disebut saliva. Tak hanya berfungsi untuk membantu proses pengunyahan dan pencernaan, saliva juga melindungi gigi dalam mencegah karies (lubang), mengatur keasaman rongga mulut, dan mencegah mikroorganisme berkembang tak terkendali.

Saliva diproduksi oleh kelenjar saliva, dan dialirkan ke dalam rongga mulut melalui suatu saluran. Setiap harinya, produksi saliva mencapai 0.5 – 1.5 liter oleh tiga kelenjar liur mayor yang berada di sekitar mulut dan tenggorokan.

Dalam kondisi tertentu, produksi atau aliran saliva dapat berkurang dari normal dan menyebabkan kondisi mulut kering. Kondisi tersebut dalam bahasa kedokteran disebut Xerostomia. Mulut kering menyebabkan gigi mudah berlubang dan nafas cenderung berbau tak sedap. Bahkan di tengah malam saat kita lelap tertidur, kita bisa terbangun gara-gara kondisi mulut yang kurang nyaman.

Jika mulut anda kering, maka banyaklah minum air putih, atau mengunyah permen rendah gula. Hindari buah yang asam, kafein, dan alkohol.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar