Mulut Adalah Gerbang Kesehatan Anda

Mulut Adalah Gerbang Kesehatan AndaTips Info | Bila mata disebut jendela jiwa, maka mulut adalah gerbang untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Tanpa disadari, perubahan pada gusi atau air liur mungkin menjadi tanda bahwa mulut Anda tidak dalam keadaan baik.

Nah, bukalah lebar-lebar mulut Anda untuk memeriksa kondisi seperti di bawah ini:

1. Lidah Berwarna Pucat
Artinya, Anda mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Sebagai perbandingan, anemia mempengaruhi kondisi kesehatan satu dari lima wanita di Amerika Serikat. Tanpa zat besi yang cukup untuk membantu menghasilkan energi dan mempertahankan sistem kekebalan, maka tubuh Anda tidak bisa membuat hemoglobin dan pigmen dalam sel darah merah yang cukup untuk lidah.
Disarankan, Anda makan lebih banyak sayuran hijau, daging, hidangan laut, dan kacang atau mengosumsi suplemen dengan dosis yang dianjurkan adalah 15 miligram). Jika menderita anemia sebaiknya Anda melakukan tes darah diagnostik.

2. Air Liur Kental
Bisa berarti, Anda mengalami xerostomia atau mulut kering. Kemungkinan lantaran mengonsumsi obat OTC (termasuk antialergi dan obat demam) sehingga menimbulkan perubahan jumlah air yang mengalir masuk dan keluar dari sel.
Dan bila dibiarkan, mulut kering dapat menyebabkan kerusakan gigi, penyakit gusi, dan infeksi akibat adanya jamur di mulut. Bila itu terjadi, konsultasi kepada dokter Anda. Terutama, mengenai obat yang digunakan untuk mulut kering.
Sebagai pencegahan, profesor kedokteran gigi di Universitas Michigan, Amerika Serikat, Carol Anne Murdoch-Kinch, belum lama ini menyarankan agar jangan lupa merawat tenggorokan dengan cara minum lebih banyak air. Mengunyah permen karet dan sikat dengan pasta gigi anak-anak yang biasanya mengandung bahan pengering lebih sedikit.
Apabila masih terasa kering, lebih baik Anda menyemprotkan suatu OTC pelembab mulut seperti salivart. Atau dokter gigi akan memberikan resep pendorong air liur seperti salagen atau evoxac.

3. Gusi Berwarna Merah Cerah, Bengkak, atau Terdapat Luka Kecil
Ini berarti adanya penyakit pada gusi. Biasanya sekitar 23 persen wanita berusia 30-54 tahun terserang penyakit gusi.
Menurut Ronald Herberman, profesor kedokteran di Universitas Kedokteran Pittsburgh, Amerika Serikat, berdarah atau keluar nanah, terutama ketika menyikat gigi adalah ciri-ciri sakit pada gusi. Umumnya, penyakit pada mulut ini disebabkan oleh bakteri. Penyakit gusi juga dapat menjadi tanda sesuatu yang lebih serius, seperti diabetes.
Pada wanita hamil akan membuat bayi lahir tujuh kali lebih cepat dari kondisi normal. Boleh jadi, penyakit gusi meningkatkan tingkat cairan biologis yang menginduksi persalinan. Demikian menurut peneliti Akademi Kesehatan Mulut dan Gigi Amerika Serikat.

Disarankan, Anda mencoba pasta gigi atau obat kumur yang mengandung bahan antimikroba. Dan jangan lupa datang ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar