Berhenti Menjadi Hipersomnia

Berhenti Menjadi HipersomniaTips Info | Apakah anda sering mengantuk ? Jika ini yang sering kita rasakan, mungkin kita mengidap hipersomnia. hipersomnia adalah gejala yang berkelainan dengan insomnia, gejala ini membuat penderitanya merasakan kantuk yang berlebihan. Untuk membebaskan diri dari ‘Hipersomnia' yang menggangu aktivitas anda, lakukanlah 8 langkah berikut :

1. Tidur berkualitas : Ketika kita bicara tidur yang berkualitas, bukan hanya durasi lamanya mata terpejam yang diperhitungkan. Melainkan bagaimana kita membuat gelombang otak masuk ke dalam vase tidur lelap. Dan vase tidur lelap akan tercapai jika kita benar-benar siap untuk tidur tak hanya sekadar memejamkan mata.
Mengenai durasi, idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 8-9 jam di malam hari. Sedangkan untuk remaja, 9 jam adalah waktu yang tak bisa ditawar-tawar

2. Jauhkan pengganggu tidur : “Jadikanlah tempat tidur sebagai tempat yang nyaman untuk terlelap dan bercinta,” kita harus menjauhkan televisi, video games, dan laptop atau komputer dari kamar.

3. Buat jam tidur yang teratur : menentukan waktu bangun yang harus diikuti setiap harinya. “Konsisten bangun di waktu yang sama selama seminggu atau sampai sebulan, maka tubuh akan mengikuti ritme tersebut.” Ritme ini yang nantinya akan membentuk sirkardian atau jam biologis tubuh. Kita akan selalu mengantuk lebih cepat jika di malam sebelumnya kita kurang tidur, tapi bangun selalu di jam yang sama. Walhasil tubuh akan meminta kita kembali pada jam tidur yang sebelumnya.

4. Perlahan majukan jam tidur kita : Jika menentukan jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya tak sukses, cobalah majukan jam tidur kita 15 menit lebih cepat selama 4 malam berturut-turut. Setelah ini berhasil, buat jadwal tidur kita 1 jam lebih cepat dari biasanya.

5. Makanlah dengan teratur : Jika kita bertanya apa hubungannya makan dengan tidur, maka jawabannya adalah keduanya sangat erat terkait. Makan di jam yang sama setiap hari akan membuat sirkardian kita ‘berdentang’ dengan teratur, termasuk distribusi energi untuk memberikan signal pada kita bahwa sudah waktunya istirahat.

Jika kita tidak makan teratur, misalnya memundurkan makan siang menjadi lebih sore akan membuat makan malam kita mundur sampai mendekati waktu tidur. Dan pasokan energi mendekati waktu tidur justru membuat kita bersemangat melakukan banyak hal. Plus idealnya, 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur kita sudah berhenti makan agar metabolisme berjalan sempurna sehingga tak ada yang berubah wujud menjadi timbunan lemak di tubuh.

6. Berolahragalah! Lakukanlah aktivitas bakar lemak seperti aerobik setiap hari, minimal 30 menit. Aerobik akan membuat tubuh kita lebih cepat terlelap. Terlebih jika kita melakukan olahraga di ruang terbuka, 30 menit terpapar sinar matahari pagi akan meregulasi pola tidur kita. Sehingga secara alamiah bisa tidur dengan teratur dan berkualitas. Yang perlu diingat adalah hindarilah berolahraga 3 jam sebelum tidur, sebab adrenalin yang terpacu justru akan menjauhkan kita dari rasa kantuk.

7. Naiklah ke atas tempat tidur jika benar-benar sudah mengantuk:jika kita hanya kelelahan setelah beraktivitas seharian, sebaiknya jangan naik ke atas tempat tidur. Sebab ternyata, ini justru tak akan membuat kita terlelap. Melainkan hanya berguling-guling di atas tempat tidur.

8. Temuilah pakar kesehatan tidur : Jika 7 langkah di atas masih belum juga berhasil membuat kita tertidur dengan nyenyak, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kesehatan tidur. Sebab hipersomnia juga bisa merujuk pada gangguan tidur seperti narkolepsi atau sleep apnea. Narkolepsi adalah gangguan yang membuat orang tak bisa menahan rasa kantuknya, sehingga dalam keadaan tengah beraktivitas pun bisa tiba-tiba tertidur. Sedangkan sleep apnea, gangguan napas pada saat tidur yang sebenarnya membuat otak kita tetap terjaga meski mata terpejam.

Hal lain yang juga bisa mengundang gangguan tidur adalah depresi, paska trauma, atau obat-obatan. Itu mengapa kita butuh bantuan ahli yang mengerti bagaimana mengatasi berbagai pemicu gangguan tidur tersebut.

(referensi:preventionindonseia.com)

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

8 komentar:

  1. Saya sering mengalami kejadian ini ...

    dan anehnya ini selalu terjadi di tanggal-tanggal tua ...

    hehehehe

    BalasHapus
  2. udah terpasang gan link nya di sidebar blog saya ....salam kenal

    BalasHapus
  3. wah info menarik, saya memang terkadang susah untuk tidur. mudah-mudahan tipsnya bisa membantu saya.

    BalasHapus
  4. Makasih Mas tipsnya maklum saya susah tidur nih

    BalasHapus
  5. Wah kalo ane tdur jam 2 pagi tapi bangunjam 7 gan, alhamdulillah normal terkendai gan hehehe, gan link sudah terpasang

    dari http://online49.blogspot.com

    BalasHapus
  6. sob waktu tidur saya cuma 6-7jam apa itu cukup ya?

    BalasHapus
  7. @ theordinarytrainer : untuk hari" tertentu boleh saja,, tpi kalo keseringan,, jangan ...

    @ BUDIANTO.COM : makasih,, slm knl ...

    @ setitikharapan & dadangsupriadi : berarti klian terkena insomnia,, kurangi minum kopi ...

    @ My Dream Come True : makasih ...

    @ julianusginting : sob, itu waktu tidur yang normal,, klo km sring tdur mlebihi 9 jam,,, itu perlu dikurangi...

    BalasHapus
  8. kalo yang gampang tidur apa termasuk mengidap penyakit ini..?

    BalasHapus