Tips Persiapan Awal Masuk Kerja

Tips Persiapan Awal Masuk KerjaTips Info | Hari pertama bekerja bisa jadi merupakan bagian dari sejarah bagi hidup Anda. Anda tentunya senang dengan hal ini, betapa tidak setelah melewati sejumlah tes tertulis atau wawancara, akhirnya impian anda untuk diterima kerja menjadi kenyataan. Tetapi tidak sedikit dari anda merasa bingung saat kali pertama Anda memasuki kantor, apalagi bagi anda yang fresh graduate, dan tidak pernah bekerja sebelumnya.

Jangan biarkan kebingungan membuat anda berdiam diri. Ada beberapa aktivitas yang setidaknya harus Anda lakukan saat hari pertama masuk kerja:

Pelajari Job Description
Sebenarnya Anda tak perlu terlalu khawatir tentang apa-apa yang harus Anda lakukan, toh nanti pihak perusahaan akan menjabarkan apa saja yang harus Anda lakukan kedepannya. Namun alangkah lebih baik jika Anda setidaknya mempunyai pengetahuan sedikit mengenai job desc pekerjaan yang akan Anda tempati. Saat pihak perusahaan menjelaskan secara detail apa yang harus Anda lakukan, perhatikan dan dengarkan baik-baik, jangan sampai Anda melewatkan poin-poin penting yang diberikan. Kalau perlu Anda catat daftar job desc Anda.

Buat beberapa rangkuman pekerjaan
Buatlah rangkuman mengenai job desc Anda, Anda bisa mencari sumber referensi dari rekan kerja atau dari internet. Pelajari kembali job desc Anda dan jangan langsung memulai bekerja karena tentu saja Anda belum 100% menguasai bahan pekerjaan itu.

Sosialisasi dengan rekan kerja
Ini dia yang tak kalah penting, sosialisasilah dengan rekan-rekan kerja Anda. Di sinilah Anda akan mendapakan informasi mengenai peraturan kantor, tipe-tipe teman sekerja lainnya bahkan tipe bos besar. Anda tak perlu khawatir, mereka pasti welcome karena Anda sudah menjadi bagian dari tim perusahaan. manfaatkan momen waktu luang seperi jam makan siang untuk bisa lebih mengenal mereka. Ke depannya kan Anda bisa memanfaatkan kolega kerja ini untuk bertanya-tanya jika Anda kurang paham dengan pekerjaan Anda.

Buat Laporan Untuk Atasan
Di penghujung hari pertama Anda bekerja, pastikan Anda membuat laporan tentang apa saja yang sudah Anda lakukan, Laporan itu tidak perlu rumit, mungkin yang singkat namun harus tetap professional. Hal ini dilakukan supaya atasan Anda tau progress Anda di hari pertama kerja. Dan hal ini juga bisa memberikan impresi yang cukup baik dimata atasan.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

9 komentar:

  1. nambahin dikit.. 1 hal terpenting adalah siapkan mental karena terkadang dunia pekerjaan jauh berbeda dgn dgn dunia gaul :)

    BalasHapus
  2. @Memorabilia mental merupakan hal yang penting dalam segala bidang ...

    BalasHapus
  3. nambahin lagi 1 bozzz!! siapkan pakaikan kerja, jgn sampai lupa berpakaian sebelum kerja hehehehhhehehehe

    salam bozzz pa kabar nech...???

    BalasHapus
  4. @chuckySharpeye ,, iya benar juga tuh ..haaha
    kabar baik ,, anda gimana ??

    BalasHapus
  5. nice info....
    hiks...jd pengen kerja lagi....

    salam kenal..

    BalasHapus
  6. Udh aq masukan di blogq bro...
    thanks sebelumnya....

    BalasHapus
  7. udah tak pasang bro...
    keep visit ya...
    thanks..

    BalasHapus
  8. kenapa gak coba dikasih contoh
    laporan nya kek gimana
    ?

    BalasHapus