Tips Hindari Kalimat Pembicaraan ini

Tips Info | Berbincang tentu menyenangkan. Ikuti rambu perbincangan berikut agar topik yang dipilih tidak menyinggung lawan bicara.

Hindari Kalimat “Kamu kelihatan capek”

Kalimat itu menyiratkan bahwa penampilan teman Anda tidak apik. Lebih baik tanyakan, “kamu baik-baik saja?”. Lawan bicara akan menjawab mungkin ia memang kurang tidur atau sakit. Daripada menghakimi, lebih enak Anda berempati.

Hindari Kalimat “Kamu kurusan (gendutan) sekarang”

Kalimat itu sangat menyerang fisik dan membuat lawan bicara tidak nyaman. Katakan saja “Kamu keren”, dan selesai. Kalau Anda penasaran dengan rahasia perubahan bentuk tubuhnya, tanya saja apa rahasianya, ini juga bentuk apresiasi.

Hindari Kalimat “Aku nggak bisa pakai baju itu.”

Kalimat itu dapat diartikan sebagai kritik, betapa buruknya selera lawan bicara Anda. (Aku nggak bisa pakai baju itu karena jelek!). Lebih baik tidak mengatakan apa-apa atau beralih pada isu netral seperti “macet nggak jalanan?”

Hindari Kalimat “Agak konyol sih, tapi…”

Saat Anda rapat di kantor dan rapat itu membahas ide-ide baru, jangan pernah takut mengutarakan gagasan. Jangan mulai dengan kalimat yang terdengar plin-plan.

Ungkapkan langsung gagasan Anda. Ini memperkuat kredibilitas Anda dan memperkuat keyakinan dalam mempresentasikan gagasan.

Hindari Kalimat “Saya tidak punya waktu untuk bicara”

Kalimat yang kasar untuk dikatakan langsung atau lewat telepon. Katakan Anda sedang menyelesaikan sesuatu dan berjanji akan menghubungi lawan bicara setelah selesai.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

1 komentar:

  1. wah tips yang sangat bagus, kadang saya suka keluar kata2 diatas, ternyata ga boleh yah.....

    BalasHapus