Tips Tidur Untuk Meningkatkan Kreativitas

Tips Info | Ada jalan pintas untuk meningkatkan kreativitas? Ada. Tidur saja.

Tidur sejak lama terbukti meningkatkan produktivitas seseorang. Baik dari stamina fisik atau kemampuan berkarya yang melibatkan kemampuan otak.

Sejatinya kreativitas adalah “kemampuan untuk menguhubungkan ide yang terpisah dengan cara baru dan berguna.” Ide berseliweran di otak, karena itu tidak heran fungsi otak harus maksimal untuk menunjang kreativitas. Lalu tidur yang mengistirahatkan otak sangat erat kaitannya untuk memaksimalkan kerja otak.

Penelitian dari University of California mengindikasikan Rapid Eye Movement (REM) yang terjadi selama periode tidur meningkatkan kreativitas dalam memecahkan masalah karena membantu otak untuk menghubungkan ide yang kelihatannya tidak berhubungan.

Berikut tips tidur untuk meningkatkan kreativitas :

Bersiap Untuk Inspirasi

Sebelum Anda tidur, tulis semua masalah dan ide yang sedang Anda pikirkan. Segera setelah bangun tidur, tulis lagi ide yang terlintas.

Tidur Nyenyak

Anda harus menganggap serius urusan tidur ini. Harus lebih dari tujuh jam dan nyenyak untuk melewati tahap REM tadi. Jika banyak gangguan, gunakan earplug dan masker mata. Jika merasa belum beres juga, konsultasi dengan ahli gangguan tidur.

Tidur Siang

Mencuri waktu dengan tidur siang memang agak sulit untuk pekerja kantoran. Tapi jika Anda bisa, usahakan tidur siang 60-90 menit. Tidur siang efektif untuk mengintegerasikan memori.

Tanpa suplemen buatan, ternyata Anda juga bisa meningkatkan kreativitas.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

3 komentar:

  1. hahaha bener bangeeet, tiap mau tidur pasti mengkhayal, disana tiba2 dapet ide2 atoow ispirasi, tapi klo dagh dpt ideee ga pengen tidur lagii... heheheheh!! manteb sooob :))

    BalasHapus
  2. sama kawan. saya juga sering seperti itu, tapi lebih baik tidur dulu, supaya fresh pikiranya, kan bisa ngejain dengan baik .. ;)

    BalasHapus
  3. bener-bener menginspirasi banget tulisannya...saya juga mau tidur dulu ah,..ga berhenti nih baca posting bermutu disini...sip deh

    BalasHapus