Cara Menggunakan Virtual Machine (VMWare)

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Wah... cukup lama juga saya gak update blog cepplux software easy ini. Maklum saja beberepa hari ini saya kurang enak badan dan fikiran saya kacau banget, pengen posting tapi kepala sakit yang ada malah blank fikiran saya. Alhamdulillah sekarang sudah sedikit membaik, walaupun masih sedikit batuk dan influensa. OK dech sob untuk mengobati kekecewaan sobat karena beberapa hari ini saya gak update blog, maka pada kesempatan yang berharga ini saya akan share Cara Menggunakan Virtual Machine (VMWare)
Sobat ada yang tahu gak apa itu Virtual Machine (VMWare) ??? Yups Virtual Machine hampir sama dengan VirtualBox yang merupakan software yang dapat membantu kita untuk membuat mesin secara virtual yang sering saya gunakan untuk menguji coba Windows baru yang saya dapatkan dari hasil download. Wah, seperti sobat makin penasaran aja nih ??? Dari pada makin penasaran, mending langsung belajar aja dech. Tapi sebelumnya saya mohon maaf karena gak sempat share softwarenya, soalnya sizenya cukup berat dan saya kewalahan untuk menguploadnya. Nah berikut ini Cara Menggunakan Virtual Machine (VMWare), cekidot . . .


1. Jalan Aplikasi/Program VMware Workstation (Virtual Machine).
2. Masuk ke menu File dan pilih New kemudian pilih Virtual Machine... CTRL+N atau bisa juga dengan langsung mengklik New Virtual Machine yang ada pada Home Program.


3. Klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
4. Pilih Typical dan klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
5. Sekarang pilih jenis Sistem Operasi yang akan di uji coba menggunakan VMWare ini. Klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
6. Pada Virtual machine name, silakan di isikan sesuai dengan nama Sistem Operasi yang akan di uji coba. Klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
7. Sampai pada tahap ini adalah konfigurasi Network Type, pilih Use bridged networking. Klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
8. Silahkan isikan dan tentukan berapa besar kapasitas Harddisk yang akan digunakan untuk membuat mesin virtual ini. Klik Finish untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
 
9. Nah, tahap ini merupakan tahap untuk menyesuaikan besaran Memory RAM yang akan kita gunakan. Untuk masuk ke menu ini, double klik Memory yang ada pada Devices.
10. Selanjutnya double klik CD-ROM (IDE 1:0) pada Devices untuk mengambil source file instalasi Sistem Operasi yang akan kita gunakan. Pilih Use ISO image jika kita ingin menggunakan file .ISO dan Browse atau cari di mana file .ISO tersebut berada.
11. Sekarang mesin virtual kita sudah jadi. Klik Start this virtual machine pada Commands untuk memulai proses instalasi Sistem Operasi.
12. Proses instalasi Windows sedang berjalan.


Cukup mudahkan menggunakan Virtual Machine ini. Semoga bermanfaat, salam .:: ashtho ::.



Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar