Tips Memilih Nama Domain

Sebelumnya silahkan baca Pengertian / Definisi Domain dan Tips Memilih Webhosting Terbaik. Berikut adalah Tips Memilih Nama Domain. Peranan domain sangat penting sekali dalam menjalankan internet marketing. Bisa dikatakan dengan adanya domain ini bisa menjadi sebuah identitas dalam bisnis.
Nama domain yang bagus adalah yang bisa menggambarkan citra terhadap bisnis yang sedang dikelola seseorang atau perusahaan.

Untuk itulah dalam memilih nama domain tidak bisa sembarang saja kita memilih, apalagi untuk kegiatan internet marketing, harus ada beberapa alasan kuat dan jelas mengapa Anda memilih suatu nama domain.
Berikut beberapa tips memilih nama domain:

1. Domain Gratis Vs Domain Bayar
Kalau Anda benar-benar serius dalam menjalankan internet marketing, maka wajib hukumnya bagi Anda memilih domain yang berbayar.
Ingat !, bisnis Anda bernilai jutaan atau bahkan milyaran rupiah, jangan sampai hanya karena urusan domain gratis, bisnis Anda menjadi hancur.
Bagaimana tidak, orang akan percaya dengan poduk atau penawaran yang Anda presentasikan dalam blog maupun website Anda, sedang Anda sendiri tidak bisa (belum) hanya membeli nama domain gratisan.
Okelah mereka percaya, tapi ingat satu hal, kredibilitas Anda disini benar-benar dipertaruhan. Sebuah fakta yang selama ini banyak kita jumpai di internet baik itu lewat iklan, blog-blog, maupun website yang menawarkan sebuah bisnis dengan domainnya yang gratis.
Apa yang ada dalam benak pembaca ?, bisa saja dalam hati mereka berkata:
“Bagaimana orang ini menawarkan (mengajarkan) saya cara menghasilkan uang di internet sedang dia sendiri membeli domain saja tidak (belum) mampu”.
Ma’af, bukan berarti saya meremehkan atau menyudutkan Anda yang menggunakan domain gratis, tapi saya berharap dengan adanya artikel ini Anda menjadi tergugah betapa penting memiliki nama domain sendiri (berbayar) plus beberapa dampak yang terjadi jika Anda menggunakan domain gratis dalam menjalankan kegiatan internet marketing.
Selain itu, dengan menggunakan domain berbayar, Anda akan lebih termotivasi untuk bekerja lebih keras karena takut rugi tidak bisa menutupi biaya domain Anda, ini biasanya berlaku bagi orang yang baru mulai terjun di bisnis ini.
Meskipun begitu, tidak sedikit internet marketer yang sukses menggunakan nama domain gratis ini tentunya tanpa halangan seperti faktor-faktor diatas dan penghambat yang lain.

2. Sesuaikan dengan Brand Bisnis
Kalau bisnis Anda bergerak di bidang hosting, Maka Anda akan menggunakan nama domain yang ada hubungannya dengan host tersebut, seperti Indonitahost, Idwebhost, Idwebspace dll.
Dengan nama domain yang sesuai tersebut juga akan memudahkan orang mengenal produk Anda walaupun mereka belum melihat web Anda, karena dengan hanya tahu nama domainnya saja sudah terbayang di benak mereka kalau nama tersebut adalah nama sebuah perusahaan hosting.

3. Singkat, Jelas, dan Mudah di Ingat
Usahakan dalam memilih nama domain juga singkat, jelas dan mudah diingat di benak orang. Kalau nama domain Anda mudah di ingat orang, biasanya mereka akan mengetikkan langsung di browser ketika mereka memerlukan website Anda.
Ukuran standart singkat, jelas dan mudah diingat biasanya antara 2-3 kata. Misal: bisnis internet, belajar wordpress, toko buku online dan sebagainya.

4. Menggunakan Nama Sendiri
Biasanya orang yang menggunakan nama sendiri adalah mereka yang bisnis mandiri atau personal bisnis. Sengaja mereka menggunakan nama sendiri sebagai nama domain agar lebih mudah dikenal orang sekaligus membangun citra melalui domain nama mereka.
Seperti kita ketahui bisnis di internet tidak mengenal tatap muka dalam setiap transaksinya. Untuk itu dengan menggunakan nama domain sendiri diharapkan bisa membangun kepercayaan.

5. Motivasi dan Inspiratif
Anda juga bisa memakai nama domain yang bisa memberikan motivasi dan inspirasi tersendiri. Karena bagaimanapun juga dengan menggunakan domain demikian akan lebih memicu dan menginspirasi perjalanan bisnis Anda.
Seperti saya pribadi menggunakan nama domain Kuncimarketing.com, ternyata domain ini selain mempunyai unsur menjual juga sangat memotivasi dan menginspirasi perjalanan bisnis saya.
Ketika saya lengah atau saya membelot dari inti kegiatan marketing itu sendiri, maka nama domain saya selalu menjadi pengingat kalau apa yang saya lakukan bukan merupakan suatu hal yang penting (inti) atau bukan menjadi kunci untuk itu.
Begitupula ketika saya melakukan optimasi website (SEO) yang juga merupakan kegiatan internet merketing, saya menjadi teringat nama domain tersebut kalau salah satu kunci sukses SEO adalah …… .
Nama domain tersebut tidak hanya berimbas pada internet marketing saja, melainkan ke semua persoalan. Sehingga ketika menemui suatu persoalan, maka saya akan cepat menemukan solusinya, ini karena saya langsung mencari tahu ke pokok permasalahannya, yakni dengan mencari kuncinya.

6. SEO Friendly
Untuk tips memilih nama domain ini sudah tidak diragukan lagi, bahwa dengan menggunakan nama domain sebagai keyword topik bisnis, akan memudahkan web Anda memenangi pertarungan di search engine dalam perebutan suatu keyword.


7. Sesuaikan Wilayah Target Market
Untuk tips terakhir ini, Anda harus menyesuaikan nama domain Anda berdasarkan wilayah target market yang Anda bidik.
Memang untuk urusan bisnis tidak akan jauh dengan domain berlabel TLD (Top Level Domain) seperti Com, Net, Org, dan sebagainya. Namun selain menggunakan itu, ada beberapa opsi yang bisa Anda gunakan, yaitu menggunakan nama domain berdasarkan wilayah suatu negara yang Anda bidik.


Sumber: kuncimarketing.com

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

1 komentar: