Tips Tetap Dekat Anak Saat Ortu Pergi

Tips Tetap Dekat Anak Saat Ortu Pergi

Orangtua (ortu) sedang tidak di rumah? Tidak masalah. Psikolog Dallas Ann Dunnewold memberikan tips agar orangtua dan anak tetap dekat meski saat bepergian alias sedang tidak di rumah.

1. Telepon. Sebuah penelitian baru dari Universitas dari Wisconsin-Madison menemukan bahwa, saat anak stres, anak perempaun yang berbicara dengan ibu mereka di telepon akan merasa lebih tenang dengan cepat sama halnya seperti ibu mereka berada di sana untuk menghibur dengan pelukan. Hanya dengan mendengar suara ibu mereka dapat 'menurunkan' tingkat kortisol, hormon stres, dan memicu pelepasan oksitosin, hormon "cinta" yang berhubungan dengan dekatnya kontak fisik.

2. Berikan Potongan rekaman. Jika Anda tidak dapat menelpon, rekam suara Anda saat membaca buku, menyanyikan lagu, atau hanya mengatakan "hi" sehingga anak Anda bisa mendengar suara Anda ketika dia mengingkannya.

3. Video Chatting. Anda dapat melihat wajah anak Anda yang menggabungkan pendengaran dan visual. Namun hati-hati karena terkadang dapat membuat panik beberapa anak. Selain itu Anda bisa meng-upload video diri Anda di sebuah komputer di rumah dan dapat ditontonnya ketika ia membutuhkan ibunya.

4. Libatkan benda lain. Tak hanya dengan menyentuh dan mendengarkan suara yang dapat menenangkan perasaan anak. Anda juga dapat meninggalkan sepotong pakaian Anda sehingga aroma Anda terasa seperti Anda.

5. Santai. Ikatan Anda begitu kuat bahkan jika tiba-tiba mengingat Anda mungkin akan menenangkannya sampai Anda kembali.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar