5 Tempat-Tempat Terkenal dan bersejarah di Amerika

Benua Amerika membentang dari samudra Artik yang sangat dingin hingga selatan menuju Antartika. Wilayah di benua ini meliputi negara-negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Di benua ini, terdapat belasan tempat-tempat yang terkenal dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. baik itu dari masa silam atau masa modern .

1. Grand Canyon

Grand Canyon merupakan ngarai terbesar di dunia. Bentuknya dapat dilihat di Sungai Colorado, utara Arizonia. Negara ini merupakan salah satu keajaiban dunia dan sebagaian besar berada di taman Nasional Grand Canyon, yang merupakan Taman Nasional pertama di Amerika Serikat. Ngarai ini terukir oleh derasnya arus sungai Colorado yang memotong selat selama jutaan tahun. Ngarai ini memiliki panjang kira kira 449 km, lebar 29 km, dan kedalaman kurang lebih 1.6000 m.

Menurut sejarahnya, Grand Canyon pertama kali ditemukan orang eropa pada tahun 1540. Seorang tersebut bernama Gracia Lopez de Cardenas yang berasal dari spanyol. pada akhir tahun 1870an dilakukan ekspedisi pertama kali yang dipimpin oleh Mayor Amerika Serikat, John Wesley Powwel. ia menyebut batuan sedimen ngarai tersebut sebagai"daun dalam buku cerita agung". akan tetapi, jauh sebelum masa tersebut, ngarai ini digunakan sebagai tempat tinggal penduduk asli Amerika, yaitu suku Indian.

2. Air Terjun Niagara

Niagara adalah air terjun besar di sungai Niagara yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan provinsi Kanada Ontario. Air terjun ini berjarak sekitar 17 mil (27 km) sebelah utara barat laut dari Buffalo, New York dan 75 mil (120 km) tenggara Toronto, Ontario.

Niagara adalah nama kelompok dari tiga air terjun. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe (kadang-kadang disebut sebagai air terjun Kanada), air terjun Amerika, dan yang lebih kecil yakni air terjun.

Bridal Veil yang dipisahkan oleh sebuah pulau bernama Luna Island dari air terjun utama.

Meski tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terpopuler di dunia. Lebih dari 6 juta kaki kubik (168.000 m3) air per menit dijatuhkan dan ini merupakan air terjun yang paling kuat di Amerika Utara.

Niagara juga terkenal akan pelangi indahnya yang melintang di tengah derasnya air terjun. Keindahan alam yang terdapat di sekeliling Niagara membuat jutaan orang dari setiap belahan dunia mengunjunginya setiap hari. Apalagi kalau bukan untuk melihat air terjun yang paling populer ini. Sehingga, devisa pun banyak mengalir bagi kedua negara ini.

3. Patung Liberty

Libery Lightening the world yang dikenal dengan statue of Liberty atau patung raksasa yang terapat di Pulau Liberty, di muara sungai Hudson, New York, Harbour, Amerika Serikat. Patung ini diperoleh Amerika Serikat dari Prancis sebagai hadiah kemerdekaan yang ke-100 pada 4 Juli 1884. pemberian hadiah dilakukan pada abad ke XIX, tepatnya tanggal 28 Ocktober 1886.

Patung Liberty merupakan simbol selamat datang bagi para pengunjung,imigran, dan orang Amerika yang kembali. Patung ini terbuat dari Perunggu dan dibanggakan oleh negara Paman Sam tersebut. Orang yang berjasa membuat patung ini adalah Frederic Auguste Brtholodi dan  Gustave Eiffel (perancang dan pembuat menara Effiel). Kedua orang itu bertugas sebagai pemahat dan perancang struktur penyangga di dalamnya. Patung ini dibangun di pintu masuk pelabuhan Kota New York.

Sebagaian besar orang menyebutnya sebagai Patung Kemerdekaan. Padahal, nama sebenarnya adalah Kemerdekaan Terang Dunia. Pating ini digambarkan wanita berjubah yang melambangkan kemerdekaan, Ia memegang obor di atas kepalanya.

Apabila ke Pulau Liberty, kalian dapat menaiki tangga melingkar pada patung tersebut. bahkan pada malam hari, nyala lampu pada obor menunjukan seolah olah obor dinyalakan.

4. Gunung Rushmore

Gunung Rushmore terletak di Black Hills National Forets. Di gunung tersebut, pengunjung dapat menjumpai  pahatan-pahatan terbesar di dunia. pahatan tersebut berupa empat wajah presiden Amerika Serikat dengan tinggi 18m. Wjah-wajah tersebut dipahat di batuan keras. Keempat presiden tersebut adalah Geogrge Whasington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln.

Proyek pemahatan gunung ini dimulai pada tahun 1927 oleh Gutzom Borglum. Proses pemahatannya menggunakan 90% dinamit. Sebelum pemahatan selesai, Gutzom Borglum meninggal dunia.Akhirnya, pemahatan dilanjutkan oleh anaknya, Lincon Borglum dan selesai pada tahun 1941. pada tahun 1941 pemerintah federal menghentikan penyaluran dana atas pemahatan telah menghasilkan empat bentuk wajah mantan presiden Amerika Serikat. pemahatan patung ini juga di jadikan slah satu inspirasi dari salah satu komik ternama di jepang.Biaya yang dikeluarkan untuk membangun pahatan ini adalah U$D989,992,32.

5.Christ Redeemer(Patung Kristus)

Melihat dari bawah gunung Corcovado akan terlihat sosok bayangan dengan tangan terbuka. Masyarakat dunia menyebutnya  Patung Kristus. Patung ini terletak di Puncak Gunung Corcovado,di Rio de Janeiro, Brasil, dibangun dengan gaya arsitektur Art Deco. Patung ini termasuk dalam tujuh keajaiban dunia baru dan merupakan dimbol penerimaan dan keterbukaan. Simbol bagi umat Kristen ini bertinggi 38 meter terletak di kawasan Taman Nasional Hutan Tijuca.

Ide pembangunan patung ini muncul pada pertengahan 1850-an. Seorang imam Khatolik bernama Pedro Maria Boss meminta bantuan dana kepada Putri Isabel untuk pembangunan monumen keagamaan yang besar. Akan tetapi, ide tersebut ditolaknya. Selanjutnya, ide kedua muncul dari Keuskupan Agung Rio de Janerio pada tahun 1912. Pihak keuskupan yang mengoordinasi proses pengumpulan dana untuk membangun patung tersebut.

Patung ini di desain oleh Hecto da Silva Costa, sedangkan pemahatnya adalah Paul Landauski yang berasal dari prancis. dibutuhkan waktu lima tahun untuk membangun patung ini. untuk membawa patung ke puncak gunung maka dibangun kereta api. Akhirnya, Patung Kristus diresmikan pada tanggal 12 Ocktober 1931 .

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

2 komentar: