Cara Membuat Dan Mengganti Favicon Blogger

Cara mengganti favicon | Favicon adalah icon kecil yang terletak di belakang suatu url address atau alamat sebuah website/blog yang akan selalu muncul mendampingi url dan sub url address tersebut setiap kali di kunjungi. Icon atau favicon tersebut ada yang berupa foto, gambar, dan animasi file yang berekstensi .gif.

Pada setting defaultnya, favicon blogger adalah icon gambar berupa huruf B berwarna putih yang di selimuti oleh warna orange. Icon favicon tersebut dapat diganti dengan icon lain yang kita inginkan, misalnya dengan gambar foto atau gambar lainnya. Sebagai contoh, Anda dapat melihat icon animasi file .gif yang terletak disamping sebelum url blog ini pada tab url browser yang Anda gunakan.

Agar dapat membuat favicon, Anda harus menyiapkan gambar atau foto berformat .ico atau .gif berukuran 16x16. Untuk membuat gambar.ico atau gambar.gif dapat menggunakan layanan online gratis yang siap membuat file gambar Anda menjadi file gambar.ico maupun .gif. Jika Anda sudah siap untuk membuatnya, silakan kunjungi alamat url ini: htmlkit.com.

Uplod gambar yang Anda ingin jadikan favicon ke alamat tersebut melalui form upload yang tersedia untuk membuat file berformat .ico dan .gif. Setelah selesai, download paket file gambar yang telah dibuat oleh htmlkit.com.

File yang Anda download tersebut di paket kedalam file berformat .zip. Exstract file .zip tersebut, file yang telah di extract tediri dari 3 gambar yang sama tetapi berbeda ukuran dan format. Ada yang bernama favicon.ico dan favicon.gif.
Dari hasil yang di exstract tadi, pilih yang animated_favicon.gif jika favicon yang diinginkan berupa animasi, dan jika yang hanya icon atau gambar bukan animasi pilih yang favicon.ico, pilih ukuran terkecilnya yaitu ukuran 16*16-pixel-256 color.

Langkah selanjutnya adalah meng-upload favicon tersebut ke hosting penyimpanan gambar secara gratis. Kalau Saya biasa menyimpan gambar di imagefruity.com.
Okay, sekarang ikuti langkah-langkah mengupload gambar untuk mengambil url favicon yang akan dipasang pada blog Anda dan sekaligus cara memasangnya:

  • Setelah favicon Anda selesai dibuat, sekarang kunjungi imagefruity.com untuk meng upload gambar
  • Pilih Browse atau choose dari folder penyimpanan gambar di pc Anda, cari file animated_favicon.gif yang telah Anda buat, kemudian klik start uploading
  • Anda akan diarahkan kehalaman yang memuat link hasil upload tadi, copy alamat direct linknya, misalnya direct linknya adalah: hxxp://imagefruity.com/images/746001595690212255.gif .
  • Setelah Anda copy, silakan loggin ke blogger.com->dashboard->Edit Html->centang expand widget template
  • Cari kode </head>, kemudian copy kode berikut ini:

    <link href='insert your favicon url here' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>

    Letakkan kode tersebut diatas kode </head>

  • Ganti tulisan insert your favicon url here dengan url direct link favicon Anda. Save template, lihat hasilnya

Semoga bermanfaat. ^-^

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

2 komentar:

  1. saya udah bikik icon tapi di hape nggak muncul, apa ukurannya yang kegedean kali ya....

    BalasHapus
  2. Salam sukses selalu...

    Terima kasih cepplux.blogspot.com atas saran dan tipsnya sdh banyak cara sy coba untuk membuat favicon tp yang benar2 berhasil hanya saran dari web log ini.

    Maturnuwun.

    BalasHapus