Sadar Sehat dari Dokter Kecil

Dokter Kecilt;

Sejarah pernah mengungkapkan peran dokter kecil yang merupakan ujung tombak program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam memperhatikan kesehatan anak sekolah. Dokter kecil membuat anak sekolah jadi sadar sehat.

Karena kesadaran arti pentingnya kesehatan harus ditanamkan sejak kecil, dokter kecil di tingkat sekolah dasar pun akan direvitalisasi yang nantinya bisa menjadi pahlawan kesehatan Indonesia.

"Saya menyambut baik dan mengapresiasi upaya untuk merevitalisasi dokter kecil dan revitalisasi peran kader kesehatan," kutipan sambutan Menteri Kesehatan yang disampaikan Dr Budihardja, DTM&H,MPH selaku Direktur Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Kemenkes, dalam acara pemutaran film 'Tanah Air Beta', di Studio Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (24/6/2010).

Dokter kecil merupakan siswa yang aktif dalam menangani masalah kesehatan di sekolah, khususnya di tingkat sekolah dasar. Siswa yang menjadi dokter kecil pun merupakan siswa yang berprestasi secara akademik.

"Kami memilih siswa yang berprestasi sebagai dokter kecil, agar mereka menjadi contoh bagi teman-temannya untuk hidup sehat, serta agar dapat mengimbangi antara kegiatan dokter kecilnya dengan prestasi akademik," ujar Hj. Sati, S.Pd, pendamping dokter kecil dari SDN Pondok Labu 15, Cilandak, Jakarta Selatan.

Sati juga menuturkan, kegiatan yang biasa dilakukan dokter kecil antara lain aktif di Unit Kesehatan Sekolah (UKS), memberi contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti cuci tangan pakai sabun (CTPS), buang sampah pada tempatnya dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Selain itu, dokter kecil juga aktif melakukan pemeriksaan kesehatan rutin bagi teman-temannya di sekolah, seperti pemeriksaan tinggi badan, berat badan, dan kesehatan mata, yang hasilnya kemudian akan dilaporkan kepada guru dan wali murid.

Pahlawan cilik kesehatan ini diharapkan dapat menjadi teladan dan memberi contoh tentang perilaku hidup bersih dan sehat kepada teman-temannya yang lain di lingkungan sekolah

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar