Cara Menempatkan Keyword Pada Artikel


Cara Menempatkan Keyword Pada Artikel – Bagaimana kitameletakkan kata kunci atau keyword yangbaik dan benar dalam sebuah artikel/posting memang hal yang rada-rada sulituntuk dijabarkan. Tapi saya coba aja deh menyampaikan tips cara menempatkan keyword yang baik dan benar ini dengan gayasaya, moga-moga gampang dipahaminya dan artikel ini mungkin beda-beda tipisdengan artikel cara nembak keywordyang juga banyak bertebaran. Keywordatau kata kunci merupakan inti dari sebuah konten yang kita buat danterjemahan sederhana versi saya adalah: “keywordbisa jadi merupakan sebagian atau seluruhnya dari judul artikel yang kita buat”.Keyword yang panjang (baca: judulartikel yang panjang) biasa disebut juga dengan istilah longtail keyword, sengaja dibuat panjang oleh si penulisnya dengantujuan untuk memperbesar peluang judul tersebut muncul dalam hasil pencarian searchengine atau SERP dan mampu bersaing dengan blog lain dengan judul (keyword) serupayang peringkatnya lebih tinggi. Pertanyaan kuncinya adalah bagaimana dan dimanakah kita harus meletakkan deretan katakunci/keyword tersebut didalam artikel/postingan ?

Sebelum menjawab pertanyaan tadi mungkin perlu jugasaya sampaikan bahwa secara umum kata kunci terbagi menjadi 2 yaitu keyword abadi dan keyword musiman. Keyword abadi maksudnya adalah kata kunciyang akan selalu digunakan orang saat membuat sebuah artikel, dan topik inimerupakan topik yang ngga ada basinya karena selalu dicari orang lain tanpamengingat batasan waktu. Contohnya adalah: DaftarBlog Dofollow , Backlink Gratis,Cara Membuat Blog, dll. Sedangkan keywordmusiman adalah keyword/kata kunci yang digunakan pada momen atauwaktu-waktu tertentu saja sesuai dengan bentuk kejadiannya. Misalnya aja nih,menjelang lebaran biasanya akan banyak sekali orang yang mencari referensiucapan Selamat Idul Fitri untuk dikirimkan pada pacar, sahabat atau keluarga.Nah akhirnya muncullah kata kunci yang diwujudkan dalam bentuk judul sebuahartikel misalnya SMS Ucapan Selamat Idul Fitri. Banyak lagi contoh kata kunciyang dibuat berdasarkan momen atau kejadian pada saat itu, misalnya Foto Hot Syahrini Telanjang yang pernahbikin heboh itu tuh…!

Kembali ke laptop, sekarang mari kita jawab pertanyaankunci tentang bagaimana dan dimana sebaiknya kita menempatkan kata kunci dalamsebuah artikel. Menurut referensi dari beberapa artikel yang pernah saya baca,posisi terbaik untuk meletakkan keyword adalah:

·        Pada paragraf pertama artikel (please alwaysremember this !)
Saat menuliskan paragraf pertama artikelini, sambil nulis saya juga sambil membayangkan bahwa saya adalah orang yangingin mencari artikel dengan topik seputar masalah keyword. Sehingga kata-kataatau kalimat apa saja yang mungkin akan saya ketikkan di bar pencarian Google, makapada paragraf pertama artikel ini saya tandai kata-kata atau kalimat tadi dengantulisan cetak tebal (bold), underline, tulisan miring atau tulisan yang diberiwarna lain. Tulisan yang ditandai (marked) seperti ini akan di indeks lebihdulu oleh search engine. Sekarang sudah paham toh maksudnya kenapa di paragrafpertama saya banyak tulisan yang dicetak tebal he he he.

·        Letakkan keyword dalam judul artikel
Menggunakan kata tambahan atau penghubung pada keyword juga penting. Misalnya pada artikel saya Daftar Blog 2011 (Update Mei), kata kunci yang dibidik adalah Daftar Blog Dofollow. Sedangkan kata 2011 dan Update Meihanya sebagai tambahan saja yang mempersempit ruang pencarian kata kuncitersebut berdasarkan waktu. Sangat disarankan pada anda untuk tidak mengulang/menempatkanjudul artikel secara utuh berkali-kali dalam artikel yang dibuat karenambah Google akan menganggap tindakan anda adalah tindakan SPAM. Dan dalamistilah SEO tindakan mengulang-ulang keyword/judul seperti ini disebut juga keyword stuffing atau keyword yang “diisikan”berulang-ulang. Kalo sobat mau lebih jelas lagi, googling sendiri aja deh he he.

·        Rangkailah keyword-keyword anda menjadi untaiankalimat yang natural (baca: nyambung) sehingga tidak terkesan memaksakan dan buatlah juga link tautan antar artikel.Tingkat kerapatan atau kepadatan dari keyword (keyword density) yang dianjurkanoleh beberapa master SEO sekitar 2-5%. Cara menghitungnya adalah dengan membagijumlah keyword yang kita buat dengan jumlah kata dalam artikel. Jika kesulitanatau masih bingung, cobalah cari toolsKeyword Density di google.

·        Sebelum menetapkan keyword atau judul postingan,cobalah cari dulu keyword atau judul tadi lebih dulu di Google untuk mengetahuiberapa banyak dan siapa saja saingan anda. Dari 1-10 hasil pencarian Googletsb. cobalah intip kata kunci apa saja sebenarnya yang mereka gunakan dandimana mereka meletakkannya. Kesimpulannya: “Sebelum berperang  tidak ada salahnya kalau anda harus mengukurkekuatan lawan dan mengukur kemampuan (baca: peluang) anda sendiri untuk menghadapinya”. Dankalau strategi anda tepat, maka artikel anda bisa dipastikan akan mampumenembus halaman 1 hasil pencarian Google, inilah yang dimaui oleh semua orang.

·        Setelah semua teori diatas kita laksanakan,berarti kita juga sudah menerapkan SEOon page pada postingan. Langkah berikutnya tinggal melakukan SEO off page yaitu backlink yangmengarah langsung pada link artikel yang kita buat. Strategi ini sudah sayacontohkan pada artikel 1000 Backlink Supaya Menang Kontes SEO dan anda jugabisa mendapatkan backlink dengan cara natural yaitu berkomentar di blogdofollow dengan mengisikan link posting anda pada opsi Name/URL pada saatberkomentar.

Mungkin ini saja beberapa hal penting yang ingin sayashare tentang cara meletakkan keyword yang baik dan benar dalam artikel. Semogaartikel super puanjang saya yang ke sekian ini dapat bermanfaat untuk menambahilmu dan wawasan kita bersama. Happy nice blogging !

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar