Kamus Istilah Blogger Yang Wajib Dibaca


Kamus Istilah Blogger Indonesia  - Ternyata setelah melihat kamus ini, banyak sekali istilah-istilah pada blogger/blogspotyang belum kita ketahui termasuk juga saya. Kadang saat kita berkunjung ke bloglain mungkin menemukan singkatan atauistilah yang sebenarnya sudah umum diucapkan oleh banyak orang tapi kitasendiri belum tahu arti atau pengertiandari istilah blogger tersebut. Misalnya saja pengertian tentang “Nofollow”, masih banyak juga yangmenanyakan ini ke saya. Nah dengan adanya kamusistilah pada blogger ini sobat bisa baca-baca sendiri untuk sedikitmenambah wawasan mengenai dunia bloggingdan biar ngga dibilang “wong katrok” sama Mr.Tukul he he. Kamus istilah yangsering digunakan dalam blogging ini dikemas dalam bentuk file PDF (Ebook),dibuat oleh Mbak Medhy Aginta (http://www.Blogguebo.com). Silahkan langsungsobat download melalui link yang saya berikan.



Kamus Istilah Blogger

Inilah beberapa kutipan yang saya ambil dari Kamus Istilah Blogger :

AnchorText: Teks yang digunakan di dalam back link.Kebanyakan pakar optimasi mesin pencari (SEO) sepakat bahwa anchortext merupakansalah satu faktor penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs ataublog di hasil pencarian search engine.

Backlink:Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman utamaatau halaman lain dalam suatu blog atau situs. Backlink pentingkarena Google dan mesin pencari yang lain mempergunakan jumlah dan kualitas backlink sebagaiukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs.

Blogroll: Fiturblog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik blog menampilkan daftarblog-blog lain yang direkomendasikannya. Fitur ini biasanya ditampilkan dibagian sidebar. Namunsaat ini semakin sedikit blog yang menampilkan blogroll.

CommentSpam: Komentar yang ditulis semata-mata untuk mendapatkan backlink dandiharapkan akan memberikan aliran traffic pengunjung ke blog pihak yangmenuliskan komentar spam tersebut.

Metatags: Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halamansebuah situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul dihalaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya. Metatags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanyadigunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situskepada robot mesin pencari.

Nofollow: Jugadisebut sebagai tag nofollow, adalah sebuah tag yang disisipkan dalamkode link yang berfungsi untuk memerintahkan robot mesin pencari agar merekatidak mengikuti link bersangkutan, dan karenanya tidak menganggapnya sebagailink yang sesungguhnya. Google dan mesin pencari yang lain merekomendasikanagar semua link berbayar menggunakan tag nofollow.


PageRank: Jugasering disebut Google PageRank, adalah sebuah sistem metrik yang digunakan olehGoogle untuk menilai tingkat kepercayaan sebuah situs. Google PageRank memilikinilai skala dari 0 hingga 10, dimana 10 adalah nilai tingkat kepercayaantertinggi yang bisa Anda dapatkan. Terdapat algoritme yang rumit dibalik skala PageRank,namun faktor terpenting yang mempengaruhinya adalah jumlah dan kualitas backlink sebuahsitus atau blog. Nilai PageRank (yang bisa dilihat menggunakan Google Toolbar)di-updatesetiapsetiap tiga bulan sekali.


Mudah-mudahan Kamus Istilah Blogger ini bisamemberikan pencerahan buat sobat blogger sahabat setia “Share With Irfan”. Khususnya buat sobat blogger yang masih newbie yangbiasanya selalu ingin tahu he he. Keep Blogging ya..!


Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar