Kayu Manis Bisa Cegah Diabetes

Kayu ManisKayu Manis Bisa Cegah Diabetes - Jangan kira karena namanya yang 'manis' lantas kayu manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Rempah-rempah satu ini justru dapat mencegah diabetes dan penyakit jantung.

Kayu manis merupakan salah satu bumbu masak tertua yang digunakan manusia. Menurut studi, rempah-rempah yang beraroma dan manis ini dapat mencegah dan mengobati diabetes dan penyakit jantung.

Diabetes dan penyakit jantung adalah dua penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Dan sebagian besar penyebab kedua penyakit ini adalah makanan.

Sebuah studi menemukan bahwa larutan kayu manis mengandung antioksidan yang dapat mengurangi kemungkinan mendapatkan diabetes dan penyakit jantung hingga 23 persen.

Peneliti dari Centre for Applied Health Sciences di Fairlawn, Ohio, Amerika Serikat, mempelajari 22 orang obesitas dengan prediabetes, yaitu keadaan kritis sebelum diabetes yang masih bisa diobati.

Setengah dari partisipan diberi 250 mg kayu manis yang larut dalam air untuk diminum sehari-hari dan sisanya hanya diberi plasebo (tidak mengandung kayu manis).

Dalam penelitian tersebut, peneliti mengamati darah partisipan sebelum dan sesudah survei. Hasilnya, diperoleh bahwa partisipan yang meminum larutan kayu manis dapat meningkatkan antioksidan yang terkait dengan gula darah sebesar 13 sampai 23 persen.

"Penelitian ini dapat menunjukkan efektivitas jus kayu manis dalam pencegahan diabetes dan penyakit jantung," ujar Richard Anderson, pemimpin penelitian dari U.S. Department of Agriculture, seperti dilansir dari Dailymail, Sabtu (28/8/2010).

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar