Cara Menyembunyikan Widget Pada Artikel Tertentu


Trik Menyembunyikan Widget Pada Artikel Kontes SEOMenyembunyikan widget-widget tertentudi halaman posting blog sering dilakukan oleh para blogger yang sedang mengikutikontes SEO. Trik menyembunyikan widget ini merupakan salah satu cara untuk mempercepat loading halaman artikel itu sendiri serta yang terpenting adalahmembatasi (baca: mengurangi) link keluar (outbond link) yang terindeks olehGoogle pada halaman artikel kontes tersebut. Sehingga dengan cara seperti inidiharapkan dapat memperbaiki posisi SERP artikel tersebut di Google. Namun tipscara menyembunyikan widget ini tidak hanya khusus untuk artikel kontes seosaja, namun intinya dapat digunakan untuk menyembunyikan widget di halamanartikel tertentu di blog sesuai keinginan kita.

Sebelum kita melangkah ke cara menyembunyikan widget,ada baiknya harus kita ketahui dulu seperti apa kode widget yang ada dalamtemplate. Secara umum bentuk kode widget yang ada dalam template adalah sepertiini :

<b:widget id='HTMLx'locked='false' title='Nama Widget'type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title !=&quot;&quot;'>
<h2class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>

Pada setiap template kode widget ini kadang-kadangberbeda, namun khusus untuk kode yang saya tandai dengan warna biru biasanyasama. Jadi fokuskan saja perhatian pada kode yang saya tandai dengan warna birudiatas.

Cara Menyembunyikan Widget di Halaman Posting :

1.   Misalnya pada halaman artikel 1000 Backlink Supaya Menang Kontes SEO saya ingin menyembunyikan widget Yang Paling Sering Dibaca atau popular post yang ada di sidebarkanan.
2.      Login ke dashboard blogger, pilih Rancangan >Edit HTML, centang Expand template widget.
3.      Gunakan tombol Ctrl+F untuk mempercepatpencarian dan ketik nama widget yang ingin dicari (dalam contoh ini: widget YangPaling Sering Dibaca) trus klik Next.
4.      Kode widget yang akan disembunyikan misalnyaseperti ini :

<b:widget id='PopularPosts1'locked='false' title='Yang Paling SeringDibaca' type='PopularPosts'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'><h2><data:title/></h2></b:if>
<div class='widget-contentpopular-posts'>

.............bla bla bla.............

<b:includename='quickedit'/>
</div>
</b:includable>
</b:widget>

5.   Untuk menyembunyikan widget tambahkanlah kode <b:if cond='data:blog.url !=&quot;Your_URL_Here&quot;'> tepatdibawah kode <b:includableid='main'>, masukan link URL postingan pada Your_URL_Here. Serta tambahkan jugakode penutup </b:if>  tepat dibawah kode </div>.Sehingga kode lengkap dari dari widget yang akan disembunyikan tadi menjadiseperti ini :

<b:widget id='PopularPosts1'locked='false' title='Yang Paling SeringDibaca' type='PopularPosts'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url !=&quot;http://rayhanzhampiet.blogspot.com/2011/08/1000-backlink-supaya-menang-kontes-seo.html&quot;'>
<b:ifcond='data:title'><h2><data:title/></h2></b:if>
<div class='widget-contentpopular-posts'>

.............bla bla bla.............

<b:includename='quickedit'/>
</div>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

6.      Simpan / Save template anda, dan cobalah bukalink halaman artikel 1000 Backlink ini maka anda tidak akan melihat lagi widgetYang Paling Sering Dibaca yang sudah saya sembunyikan.
7.      Mission Complete, trik menyembunyikan widget iniBERHASIL !

So buat sobat yang lagi ikutan kontes SEO, semogatrik cara menyembunyikan widget pada artikel tertentu ini bisa sedikit membantuoptimasi seo on page yang sedang sobat lakukan. Sehingga artikelnya bisamendapatkan posisi SERP terbaik di halaman 1 Google. Salam Blogger.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar