Pengertian Meta Tag dan Jenis Meta Tag di Blogger


Pengertian Meta Tag dan Jenis-Jenis Meta Tag  - Membuat atau memasang meta tag padatemplate blogger sudah menjadi hal yang wajib dilakukan bagi seorang blogger.Terutama buat mereka yang peduli pada optimasi SEO pasti sudah menerapkanpenggunaan meta tag ini. Namun bagi mereka yang baru saja merambah di duniablogging (baca: ngeblog), pastilah pengertian tentang istilah meta tag ataujenis-jenis meta tag masih menjadi sesuatu yang asing bahkan mungkin juga barumendengar kali ini yang namanya meta tag. Jika newbie mode dalam kondisi ONmaka pasti akan muncul pertanyaan spontan seperti ini, “Meta tag itu apaanseehhh….?” hi hi. Dalam tips blogging kali ini mohon maaf kalau saya tidak akan mengulas bagaimana cara membuat metatag yang seo friendly, namun artikel ini dimaksudkan untuk memberikan pemahamankepada kita semua tentang pengertian meta tag, jenis-jenis meta tag yang lazimdigunakan disertai beberapa contoh penerapan membuat meta tag.

Meta tag itu apaan sih ?

Pengertian Meta Tag menurut Kamus Istilah Bloggeryang ditulis oleh Mbak Medhy Aginta (www.blogguebo.com) :

Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagianhalaman sebuah situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak munculdi halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya.Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanyadigunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halamansitus kepada robot mesin pencari.

Sedangkan menurut pemahaman sederhana saya sepertiini, meta tag adalah sebuah/serangkaian kode HTML yang sengaja dibuat danditempatkan dalam template dengan tujuan agar memudahkan robot search enginedalam menganalisa konten blog kita saat para spider bots mesin pencarian inisedang mengindeks (crawling) blog kita. Jadi kalau mungkin ada diantara sobatblogger yang merasa postingannya tidak terindeks sama sekali oleh Google, salahsatu penyebabnya mungkin saja  karenatidak ada meta tag sama sekali dalam template sobat

Dimana biasanya meta tag di tempatkan?

Secara umum harusnya meta tag ditempatkan di antara kode<head>dan </head>dalam template. Namun yang lazim dilakukan banyak blogger adalah menempatkanmeta tag tepat dibawah kode <head> pada template.

Meta tag apa saja yang seharusnya adadalam template blog ?

Banyak sekali jenis-jenis meta tag yang seringdigunakan dan ditempatkan dalam template. Kalau boleh saya kelompokkan dalambeberapa jenis meta tag sebagai berikut :

1.      Meta tag verifikasipendaftaran blog di searchengine.
Pada saat kita mendaftarkan blog ke Google, Yahoo, MSN, Bing ataupun Alexa, biasanya saat proses verifikasi diharuskanuntuk meletakkan kode verifikasi berupa meta tag.
Contoh meta tag dari search engine adalahseperti ini:

<metacontent='TtuX5x792RG5l1Vt52Lue2VbFGm545NIlQQw1CGI23c'name='google-site-verification'/> = meta tagdari Google
<meta content='af350aa3e238f9c3'name='y_key'/> = meta tag dari Yahoo
<metacontent='EF3208999BFC2D6DD07C9896BF493B3B'name='msvalidate.01'/> = meta tag dari MSN/Bing
<metacontent='wIOcDXyX7nhrfNmLaljhzeaDYlc'name='alexaVerifyID'/> = meta tag dari Alexa

Nah meta tag-meta tag ini sebaiknya janganpernah dihapus atau dihilangkan karena merupakan tanda bahwa blog anda sudahterdaftar dibeberapa search engine tersebut. Di sidebar blog ini saya juga memasangwidget dari 3 search engine yaitu dari Google, Yahoo dan MSN untuk memonitorkapan (tanggal) terakhir kali spider bot dari search engine tersebut melakukancrawling (indeks) blog saya.

2.      Meta tag utama yang WAJIB ada dalam template blog ada 3 yaitu :

Meta tag title
Yaitu meta tagyang menyatakan identitas sebuah blog dengan judul blog, pada blog ini yangmerupakan judul/title blog adalah ShareWith Irfan. Dalam template biasanya meta tag judul dituliskan seperti ini <title><data:blog.pageTitle/></title>.Namun banyak juga blogger yang memodifikasi penulisannya menjadi seperti ini <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.pageTitle/></title>dengan maksud supaya judul postingan dibaca (diindeks) lebih dulu olehsearch engine sebelum judul blog.

Meta tag deskripsi
Yaitu metatag  yang berfungsi sebagai penjelasanyang lebih spesifik mengenai konten yang ada dalam sebuah blog. Meta tag ini sangatpenting perannya dalam membantu spider bot search engine untuk mendeskripsikansebuah blog. Contoh penulisan meta tag deskripsi adalah seperti ini <meta content='Berbagi Info dan TipsBlogging, Artikel Komputer dan Internet' name='description'/>.

Meta tagkeywords
Yaitu meta tagyang berisikan keyword (kata kunci) apa saja yang paling banyak digunakan dalampenulisan artikel di sebuah blog. Jadi pilihlah keyword yang sesuai denganmateri tulisan (informasi) yang ada didalam blog sobat, karena kata kunci yangdipilih menjadi penentu juga bagi search engine untuk menggiring pengunjung keblog anda berdasarkan pencarian kata kunci tertentu. Maksimal keyword yangboleh diisikan dalam meta tag ini adalah 25 keyword, penulisannya dipisahkandengan tanda koma (tanpa spasi) menjadi seperti ini <metacontent=’keyword1,keyword2,keyword3,dan seterusnya‘ name=’keywords’/>.


3.       Jenismeta tag penunjang lainnya yang juga penting dan sebaiknya ada pada templateantara lain :

<metacontent='follow,all' name='robots'/>
<meta content='3days' name='revisit-after'/>
<metacontent='all'name='Googlebot-Image'/>
<metacontent='document'name='resource-type'/>
<metacontent='global'name='distribution'/>
<meta content='id'http-equiv='Content-Language'/>
<metacontent='id' name='geo.country'/>
<metacontent='Indonesia'name='geo.placename'/>
<metacontent='never' name='expires'/>
<metacontent='general' name='rating'/>
<metacontent='global' name='target'/>
<metacontent='ALL' name='spiders'/>
<meta content='isi dengan namaanda' name='author'/>

Nah dari beberapa pengertian meta tag dan jenis-jenis meta tag yang sudah saya bahas dalam tips blogging ini, mudah-mudahan bisamemberikan sedikit pencerahan terutama buat sobat blogger yang tadinya belumpaham sama sekali mengenai meta tag dan kegunaannya. Jika ada kesalahan dalampenulisan ini mohon koreksi dari sobat-sobat semua melalui kolom komentar.Blogger juga manusia lho..

Share this:

Tidak ada komentar