Macam - Macam Gelar Kebangsawanan Monarki Inggris

Pada tanggal 29 April 2011 lalu, Pangeran William dan Kate Middleton telah resmi menikah. Selain itu Pangeran William dan Kate Middleton dianugerahi dengan bangsawan Duke and Duchess of Cambridge. Gelar ini adalah gelar bangsawan Kerajaan Inggris yang paling tinggi dibandingkan gelar bangsawan lainnya. Lalu apa saja gelar bangsawan lain dibawahnya. Berikut adalah Arti dan Tingkatan Gelar Bangsawan Kerajaan Inggris beserta sedikit sejarah mengenainya.


1. Duke (Duchess)

Duke Wellington
Duke merupakan gelar tertinggi dari lima tingkat gelar dalam kebangsawanan Inggris. Gelar ini berasal dari bahasa Latin yaitu 'Dux', yang berarti 'pemimpin', sebuah istilah yang digunakan di Kekaisaran Romawi untuk merujuk kepada seorang komandan militer yang tidak memiliki pangkat resmi (terutama yang berasal dari Jerman atau Celtic), yang kemudian menjadi sebutan bagi pemimpin komandan militer dari sebuah Provinsi di Kekaisaran Romawi.

Jika seorang Duke juga merupakan anggota angkatan bersenjata, pendeta atau duta besar, pangkat atau jabatan mereka mendahului gelar kebangsawanannya. Misalnya, "Major-General Duke of ...". Seorang wanita yang diberi gelar Duke atau istri dari seorang Duke selalu disebut Duchess. Dalam dokumen legal, para Duke itu disebut sebagai "Most Noble William Edward Duke of ...".
Di Inggris, gelar yang berkenaan dengan Duke yang telah diberikan dalam keluarga Kerajaan yaitu Duke of Cornwall, Duke of Lancaster, Duke of Clarence, Duke of York, Duke of Gloucester, Duke of Bedford, Duke of Cumberland, Duke of Cambridge, Duke Rothesay, Duke of Albany, Duke of Ross, Duke of Edinburgh, Duke of Kent, Duke of Sussex dan Duke of Connaught and Strathearn.

2. Marquess (Marchioness)

Marquess of Waterford
Gelar kedua setelah Duke adalah Marquess. Seorang wanita dengan pangkat dari Marquess, atau istri Marquess, disebut Marchioness. Perbedaan yang sebenarnya dari gelar Marquess dan gelar kebangsawanan lainnya dalam lebih beberapa tahun terakhir ini menjadi agak tidak jelas. Di masa lalu, perbedaan antara Marquess dan gelar bangsawan lainnya yaitu letak tanah kekuasaan Marquess terdapat di perbatasan Kerajaan. Karena itu, seorang Marquess dipercaya untuk mempertahankan dan membentengi Kerajaan terhadap Kerajaan tetangga yang menjadi musuh Kerajaan.
Sebuatan Lord atau Lady merupakan sapaan yang benar buat mereka. Saat ini ada 34 Marquess di Inggris Raya. Marquess terkemuka Inggris adalah Marquess of Winchester, gelar yang diberikan pada tahun 1551 (meskipun ia sesungguhnya tinggal di Afrika Selatan). Sementara Marquess terkemuka di Skotlandia adalah Marquess of Huntly yang diberikan pada tahun 1599.

3. Earl (Countess)

Earl Leicester

Earl atau Countess (untuk gelar Earl pada wanita) menempati peringkat ketiga dalam gelar kebangsawanan. Earl pada awalnya berfungsi sebagai Gubernur Kerajaan. Mereka mengumpulkan denda dan pajak dan sebagai imbalannya mereka akan menerima sepertiga dari uang yang mereka kumpulkan. Dalam masa perang mereka juga akan memimpin tentara Raja.

Sebuah Earl memiliki gelar "Earl of ..." ketika gelar tersebut berasal dari nama tempat, atau "Earl ..." ketika gelar tersebut berasal dari nama keluarga. Seorang Earl biasa disapa sebagai Lord, dan istrinya disapa Lady. Sedangkan seorang wanita yang memiliki gelar Countess juga menggunakan Lady, tetapi suaminya tidak memiliki gelar kecuali ia mempunyai gelarnya sendiri.

Putra tertua dari Earl berhak untuk menggunakan gelar Courtesy. Anak yang lebih muda dijuluki "The Honourable ...", dan putri mereka dipanggil "Lady ...". Lady Diana Spencer adalah contoh yang terkenal dari kasus ini.

Gelar Earl sendiri sudah ada sejak zaman Raja Canute (abad 10). Saat ini ada 191 Earl (tidak termasuk Earl of Wessex, Pangeran Edward) dan Courtesy Earldoms serta empat Countess. Earl terkemuka Inggris dan Irlandia adalah Earl of Shrewsbury dan Waterford (saat ini Charles Henry John Benediktus Crofton Chetwynd Chetwynd-Talbot).

4. Viscount (Viscountess)

Viscount Dundee

Istilah Viscount dikenal untuk digunakan dalam bahasa Inggris sejak 1387, berasal dari Bahasa Prancis Visconte. Gelar ini berasal dari masa kekaisaran Romawi, yang merujuk pada kepala polisi daerah. Di Inggris pemberian gelar ini tercatat pertama kali pada tahun 1440, pada masa Raja Henry VI diangkat menjadi Raja Inggris dan Perancis. Dia ingin menyatukan ke dua negara dengan mengangkat John Beuamont sebagai Viscount Beaumont di Inggris dan Viscount Beaumont di Perancis.
Di Inggris penggunaan gelar Viscount juga sebagai gelar kehormatan bagi ahli waris dari Earl atau Marquess. Sebagai contoh adalah putra Earl of Wessex yang diberi gelar Viscount Severn. Viscount disebut sebagai lord ketimbang Viscount X sementara istrinya disebut Lady.

5. Baron (Baroness)


Baron merupakan peringakat terakhir dalam gelar kebangsawanan Inggris. Kata itu dalam Bahasa Latin 'Baro' yang berarti 'orang bebas'. Seorang wanita dengan gelar Baron disebut Baroness. Raja William I memberikan Gelar Baron sebagai peringkat di Inggris untuk orang-orang yang telah berjanji kesetiaan mereka kepadanya.
Pada abad 13 para Baron dipanggil oleh Raja untuk menghadiri sidang Penasehat atau Parlemen. Ada 426 baron yang turun temurun diwariskan dalam Majelis Tinggi Parlemen Kerajaan Inggris, selain juga yang dianugerahkan oleh Ratu kepada mereka yang telah dianggap berjasa. Baron pertama yang secara resmi diberi gelar adalah John Beauchamp de Holt. Ia menjadi Baron Kidderminster dan gelar itu diberikan oleh Raja Richard II tahun 1387. Sapaan bagi seorang baron cukup sebagai lord. Sorang baroness disebut lady. Gelar Baron atau Baroness hanya digunakan dalam dokumen-dokumen hukum atau formal. Untuk sebutan mereka akan disapa dengan Lord atau Lady.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar