Optimalkan Keyword Pada URL Judul Postingan di Blog Anda


Optimalisasi Keyword Pada URL PostinganMemaksimalkan keyword pada URL postingan diblog anda merupakan salah satu trik optimasi SEO yang patut dipertimbangkan.Kenapa ? Karena keyword bagi search engine merupakan kata kunci yangmenunjukkan relevansi sebuah konten. Disamping itu URL sebuah posting juga penting peranannya dalammenggambarkan isi dari sebuah postingan/artikel.  Secara default, blogger membatasi jumlah katayang akan kita jadikan URL pada saat memposting sebuah artikel. Biasanya jumlahkata dalam URL adalah 4-5 kata saja, namun untuk kata-kata yang pendek bisasaja URLnya terdiri dari 6-7 kata. Kesalahan pemilihan kata yang dijadikankeyword untuk URL bisa jadi akan menyebabkan kata pada bagian belakang judulposting menjadi terputus. Sehingga mengakibatkan URL yang kita buat menjaditidak maksimal karena keyword yang dibuat tidak bisa menjadikan URL tadi sebuahreferensi yang tepat dalam pencarian sebuah kata kunci.

Kadang saya pun masih sering kelupaan koq dengan halini, maklum saja..blogger juga manusia bukan ? Namun pada saat saya ingat, makasaya akan mulai berhitung jumlah kata atau jumlah karakter yang akan sayajadikan judul. Berdasarkan beberapa kali percobaan, jumlah hurup dalamkata-kata yang dijadikan judul posting maksimalnya 35-38 hurup atau karakter.Nah sekarang seperti apa contoh judul posting yang tidak memuat keyword secaraoptimal ? Mungkin bisa saya contohkan langsung dengan beberapa judul artikelsaya yang terpotong seperti dibawah ini.

Judul Artikel : Cara MembuatKotak Admin Dibawah Postingan Blog
URL : http://rayhanzhampiet.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-kotak-admin-dibawah.html

Judul Artikel : Tips MembukaDisable Klik Kanan Pada Blog
URL : http://rayhanzhampiet.blogspot.com/2011/11/tips-membuka-disable-klik-kanan-pada.html

Dan bagaimana pula bentuk URL yang bisa dianggapmampu memaksimalkan keyword yang ada di dalamnya ? Kurang lebihnya seperti URLyang dibawah ini.

URL : http://rayhanzhampiet.blogspot.com/2011/10/backlink-gratis-dari-google.html

Judul Artikel : Cara MembuatBorder Image Dengan CSS3 Stylish Effect
URL : http://rayhanzhampiet.blogspot.com/2011/09/membuat-border-image-dengan-css3.html

Menurut saya URL seperti diatas sangat kaya akankeyword dan bisa menjadikannya sebuah referensi bagi search engine dalampencarian sebuah artikel. Penambahan kata pada judul posting justru akansemakin memperkuat relevansi antara judul dengan isi dari sebuah artikel. Tips memaksimalkan keyword pada URL judul postingan di blog ini khusus saya buat karena kadangprihatin juga melihat kebanyakan newbie yang suka asal bikin judul. Namun bisadimaklumi juga sih karena mereka melakukannya akibat ketidakpahaman danketidaktahuan mereka. Harapan kita tentu saja dengan URL dan judul yangdirencanakan dengan baik, maka artikel yang kita buat dapat diindeks dengan baikoleh searc engine dan mampu berkompetisi untuk masuk halaman 1 Google. Sehinggapeluang untuk datangnya trafik yang melimpah semakin terbuka lebar. Itupunkalau anda berpikiran bahwa anda tidak akan mungkin selamanya blogwalking hanyauntuk mengundang orang lain supaya mengunjungi blog anda. Karena kalau kitamampu memdatangkan pengunjung yang bersumber dari search engine menurut sayajauh lebih baik. Keep on blogging mas bro…!!

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

1 komentar:

  1. terima kasih sodara atas sharing artikelnya. Saya memang lagi mencari artikel yg berhubungan dengan keyword karena tampaknya keyword saya masih belum begitu kuat

    BalasHapus