AROMA BADAN ISYARAT PENYAKIT MENULAR SEKSUAL




 Ilmuwan Rusia memberi sebuah nasihat unik bagi mereka yang ingin mencari pasangan pria: ciumlah aroma tubuh mereka dalam-dalam. Aroma calon pasangan bisa memberikan sinyal adanya gejala penyakit menular seksual. Sebuah penelitian kecil menemukan, pria yang terinfeksi penyakit seksual Gonorrhea mengeluarkan 'busuk' dalam penciuman sejumlah wanita. "Penelitian kami menunjukkan bahwa penyakit infeksi mengurangi daya tarik aroma tubuh pada manusia," tulis Mikhail Moshkin, seorang profesor di Institut Genetika Sitologi dan di Novosibirsk, Rusia dalam edisi terbaruJurnal Sexual Medicine.

Sesuai dengan percobaannya, Moshkin menemukan aroma tubuh yang samar-samar, katanya lebih merupakan adanya bahan kimia. Tetapi aroma badan yang sangat menyengat memiliki kecenderungan adanya penyakit infeksi. 

Para peneliti mengamati hewan tertentu seperti tikus, tidak tertarik pada aroma makhluk lain saat terinfeksi penyakit. Mereka menganalisis apakah manusia tak tertarik aroma orang yang terinfeksi, khususnya penderita PMS.

Studi melibatkan 34 pria Rusia berusia 17-25 tahun yang menyumbang sampel keringat dan ludah. Kelompok ini mencakup 13 pria dengan infeksi Gonorrhea, 16 pria sehat, dan lima pria yang berhasil sembuh dari PMS. Kemudian sekelompok wanita diminta mencium aroma keringat mereka. 

Hasilnya, wanita memberi peringkat mereka yang terinfeksi paling rendah dibanding mereka yang sehat atau sudah sembuh. Hampir semua gadis mengatakan 50 persen keringat pria dengan penyakit seksual berbau "busuk.", dibandingkan kurang dari 40 persen mereka yang telah sembuh dan 30 persen dari pria sehat.

Ini membuktikan manusia juga menggunakan indera penciuman untuk mengendus pasangan yang tepat. "Kita bisa menyimpulkan bahwa bau badan yang tidak menyenangkan dari orang yang terinfeksi dapat mengurangi kemungkinan pasangan seks yang berisiko," kata para ilmuwan seperti dikutipMSNBC

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar