Cara Mendapatkan Google Sitelink

CaraMendapatkan Google Sitelink – Google Sitelink adalah link-link tautandinamis dari sebuah situs web atau blog dimana sitelink tersebut juga merupakan navigasi didalam website/blogsehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukannya tanpa harus masuk lebihdulu ke halaman homepage. Tidak mudah untuk mendapatkan sitelink dan tidaksemua blog mendapatkan sitelink dariGoogle, karena hanya blog atauwebsite tertentu yang menduduki peringkat pertama halaman 1 Google untuk sebuahpencarian kata kunci saja yang biasanya mendapatkan sitelink. Struktur dari google sitelink biasanyaditunjukkan dengan hasil pencarian kata kunci (search result) yang sudah pastiberada di posisi pertama, kemudian dibawahnya terdapat barisan link yangmenjorok kedalam ( 2 kolom dan 3 baris ). Nah link-link tautan itulah yangdisebut dengan sitelink. Untuk lebih memahami tentang struktur Google Sitelinkini anda dapat melihat dari gambar dibawah ini yang merupakan hasil daripencarian kata kunci (keyword) ShareWith Irfan.


Mengapa memiliki sitelink dianggap penting ?Algoritma google hanya memilih situs web/blog yang dianggap mapan sertamemiliki sumber informasi terpercaya dan diverifikasi saja untuk mendapatkansitelink. Asumsi  adilnya adalah jikawebsite atau blog anda telah mendapatkan sitelink berarti  website/blog anda terpercaya di mata Google. Googlehanya akan menampilkan sitelinks di hasil pencarian apabila Google menemukannyasebagai navigasi yg bermanfaat bagi user. Jika struktur suatu situs tidaksesuai dengan algoritma Google dalam proses pencarian/crawl sitelinks websiteyg sesuai kriteria, dan atau jika Google tidak melihat adanya relevansi didalam sitelinks dengan hasil pencarian, maka Google tidak akan menampilkannya.Dengan kata lain, semua website sebenarnya memiliki sitelinks, karena tentunyamasing-masing memiliki navigasi di dalamnya, akan tetapi, jika sitelinkstersebut, dalam kata lain, susah untuk ditemukan, digenerasikan, serta tidakada nilai penting di mata Google, maka sitelinks tersebut tidak akandimunculkan di hasil pencarian. Berikut pernyataan mbah Google yang menegaskan mengenaisitelink :

 We only showsitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If thestructure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, orwe don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user'squery, we won't show them. (GoogleWebmaster Supports).
Kami hanya menampilkan tautan situs untuk hasil pencarian jika kami pikir mereka (tautan situs) akan berguna bagi para pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengijinkan algoritma kami menemukan tautan situs yang baik, atau kami pikir bahwa tautan situs untuk situs Anda tidak relevan dengan query pengguna, maka kami tidak akan menampilkannya.


Bagaimana cara mendapatkan Sitelink ?

1.      Memperkuat kata kunci (keyword)
Umumnya sebuah situs web/blog mendapatkansitelink berdasarkan kata kunci yang menurut Google merupakan identitas unik yang melekat darisebuah blog. Kata kunci tersebut bisa saja title/judul dari blogseperti blog saya Share With Irfanini, dan bisa juga dari URL blog atau deskripsi blog anda. Jadi tinggal pilihkata kunci dibagian mana yang ingin anda perkuat dan anda populerkan untuk menjadi ciri khas(brand)  blog anda.

2.      Struktur menu navigasi yang baik
Gunakanlah menu navigasi yang terstrukturdengan baik serta dapat dibaca dengan baik pula oleh spider Google. Hindaripenggunaan navigasi yang banyak mengandung javascript.

3.     Anchor teks pada link internal
Penting sekali bagi kita untuk membuatinternal link antar artikel dengan menggunakan anchor teks serta penggunaanatribut Alt pada gambar/image. Dengan adanya internal link maka secarakeseluruhan blog akan terindeks dengan baik oleh search engine serta memudahkanmbah Google dalam pencarian kata kunci.

4.      Kontenyang bermanfaat
Pada kalimat pertama pernyataan mbahGoogle diatas sudah jelas dikatakan bahwa: We only show sitelinks for results when we think they'llbe useful to the user”. Artinya bahwa konten yang kita buat harusbenar-benar berguna bagi orang lain serta berkualitas. Konten seperti ini biasanyaakan mendapatkan posisi bagus di search engine dan mendatangkan trafik organik yangmelimpah, sehingga membuka peluang blog kita untuk mendapatkan sitelink. Jaditingkatkanlah kualitas konten blog anda, hindari membuat artikel copas secarautuh.

5.      Optimasi SEO blog
Untuk yang ini saya tidak perlu lagimenuliskan panjang lebar, karena saya sudah pernah menuliskan tentang ini dalamartikel Optimasi SEO Apa Mengapa dan Bagaimana. Jika sobat ingin mendalamilebih jauh silahkan baca kembali artikel tersebut. Saya hanya ingin menggarisbawahi sekali betapa penting juga bagi kita untuk bisa memahami sekaligusmempraktekkan apa yang disebut dengan optimasi seo off page dan on page.


Nah sahabat blogger mungkin itu saja sedikit ulasansaya mengenai Cara Mendapatkan Google Sitelink. Selain akan meningkatkantrafik, Google sitelink juga menunjukkan adanya otoritas website/blog kita dimata search engine dan pengunjung. Keep on blogging..!!

Referensi :
http://www.click-finders.com/blog/how-to-get-google-sitelinks-on-your-serp-listing/
http://khamardos.blogspot.com/2011/08/tips-cara-mendapatkan-sitelink-google.html
http://rina-as.blogspot.com/2011/09/bagaimana-cara-mendapatkan-sitelink.html
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/10/google-sitelinks-apa-cara-mendapatkan.html

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

1 komentar:

  1. wah.. artikel yang bermanfaat :D
    Disini templatenya simple & Artikelnya juga Berkualitas :D
    kalau diberi umur panjang aku akan datang lagi kesini :)



    #Semoga Rezekinya Lancar :D

    BalasHapus