Game Nusantara Online Siap Meluncur


Seorang gamer memainkan Nusantara Online (m.chandrataruna/VIVAnews)
Setelah melakukan perbaikan di sana-sini, akhirnya Nusantara Online, game online bertema sejarah lokal, akan segera diluncurkan.”Nusantara Online akan meluncur secara komersial pada bulan Juni mendatang,” ujar Direktur Utama Nusantara Online Heru Nugroho, dalam acara softlaunch yang digelar di Digital Lounge Mall of Indonesia, Kelapa Gading Jakarta, Senin 9 Mei 2011.
Nusantara Online menggandeng Telkom sebagai pihak yang menyediakan infrastruktur dan membantu sosialisasi dan pemasaran game online ini. “Kami melakukan bagi hasil dengan Nusantara Online,” ujar Joddy Hernadi, Executive General Manager Divisi Multimedia Telkom pada kesempatan yang sama.
Menurut Joddy, ini merupakan langkah pengembangan Telkom ke bisnis edutainment (edukasi dan hiburan) yang diharapkan bisa mencerdaskan pengguna dengan cerita game yang berlatar belakang sejarah kebudayaan nusantara.
Heru mengatakan, di tahap awal, Telkom telah menyiapkan 14 server yang 10 di antaranya didedikasikan khusus untuk online game ini. Heru memperkirakan, dengan server yang tersedia, Nusantara tetap bisa dimainkan oleh sekitar 100 ribu pengguna secara bersamaan (concurrent user).
Ia juga menjelaskan bahwa Nusantara Online adalah game online Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) pertama yang 100 persen menggunakan konten lokal, termasuk engine game lokal bernama ANother Game Engine Library (ANGEL). Kebanyakan game-game online lain, biasanya menggunakan engine game besutan Korea.
Karakter-karakter Majapahit di Nusantara Online
Selain itu, game ini juga mengambil latar cerita dari sejarah kerajaan-kerajaan nusantara. Pemain bisa bermain sebagai karakter seorang ksatria, resi, atau pedagang, di zaman kerajaan Sriwijaya, Majapahit, atau Pajajaran.
Saat ini, game ini sudah bisa dicoba secara gratis melalui www.nusol.web.id. Pada saat peluncuran komersial nanti, game itu juga bisa dimainkan secara gratis, namun para pemain bisa membeli berbagai item dan aksesori virtual yang akan membantu pemain dalam permainan, dengan poin yang bisa dibeli melalui pembelian voucher.
“Bila seseorang ingin membeli sebuah keris, pakaian, atau jamu yang bisa mendukungnya dalam permainan, mereka bisa mendapatkannya dengan membeli voucher,” kata Heru.
Bagi para pelanggan layanan internet Telkom Speedy, Telkom menyediakan gratis voucher Nusantara Online selama 3 bulan, poin token sebesar 5000, dan diskon voucher berikutnya sebesar 50 persen.
• VIVAnews

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar