Kawah Bulan - Aristarkhus

Jika kita biasa memandangi bulan purnama di malam hari, maka akan kita temui beberapa lubang di bulan yang cukup jelas terlihat dengan kasat mata. Itulah kawah bulan. Ribuan tahun manusia hanya mengira-ngira, seperti apakah kawah bulan itu.

Namun belum lama ini, sebuah satelit NASA yang tengah mengorbit di Bulan, NASA Lunar Reconnaissance Orbiter, berhasil memotret salah satu Kawah terbesar dan paling bersinar terang di Bulan, Aristarchus. Kawah Aristarchus ini dipercaya tercipta akibat sebuah tabrakan dasyat antara bulan dengan komet atau sebuah asteroid 450 juta tahun silam.

Aristarkhus adalah kawah bulan paling terang yang terletak di bagian barat laut dari sisi Bulan yang menghadap ke bumi. Kawah Bulan Aristarkhus memiliki kedalaman sekitar 3,2 km dan diameter mencapai 40,2 km.

 bulan


Kawah di bulan ini berdasarkan hasil foto dari NASA Lunar Reconnaissance Orbiter terbaru menyerupai sebuah lubang raksasa bekas tambang di bumi, yang memperlihatkan berbagai lapisan mineral yang menyelimuti bulan.

Para ilmuwan menyebutkan bahwa kawah ini adalah tempat terbaik untuk melakukan penelitian dan eksplorasi Bulan, diantaranya untuk mengetahui bebatuan yang membentuk bulan, proses geologi yang terjadi pada bulan dan memperdalam pengetahuan tentang Bebatuan Granit Bulan.

Berikut ini adalah foto-foto terbaru dari Kawah Aristarkhus di bulan :
Aristarkhus kawah di bulan

alt=

kawah di bulan

lubang di bulan

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar