Menghindari Sengatan Lebah yang Berakibat Fatal

lebah

Tak jarang orang disengat lebah ketika berada di dekat sarangnya. Untuk orang normal sengatan lebah mungkin bukan masalah besar. Namun, akan fatal akibatnya bagi orang yang memiliki alergi sengat lebah, reaksi sengatan bisa sangat parah bahkan dapat menyebabkan kematian. Bagaimana cara menghindari sengatan lebah?

Sengatan lebah yang berakibat fatal pernah terjadi di Yogyakarta pada November 2008. 12 warga Bantul terpaksa dilarikan ke rumah sakit gara-gara diserang lebah saat berjalan di tegalan sawah. Selain itu, satu korban meninggal karena sengatan lebah juga pernah dilaporkan dari Tasikmalaya, Jawa Barat, pada bulan Mei 2010 lalu.

Sengatan lebah biasanya akan menimbulkan reaksi normal seperti pembengkakan, kemerahan, nyeri dan gatal di bagian tubuh yang disengat. Tapi alergi sengat lebah bisa memperparah reaksi tersebut, bahkan dapat menyebabkan kematian yang dipicu reaksi alergi.

Jika orang yang memiliki alergi sengat lebah disengat, maka reaksi gatal tidak terjadi di bagian tubuh yang disengat, melainkan akan 'lari' ke bagian tubuh lain.

Dilansir dari articlealley, Jumat (18/6/2010), alergi sengat lebah bisa menimbulkan gejala sebagai berikut:

  1. Merah dan gatal yang menyebar ke seluruh bagian tubuh

  2. Pembengkakan bibir, mulut dan tenggorokan

  3. Gatal, mata berair dan hidung meler


Alergi sengat lebah bisa berkembang menjadi anafilaksis (reaksi alergi akut) yang mengancam jiwa. Gejala anafilaksis meliputi:

  1. Tekanan darah menurun

  2. Sesak napas

  3. Kesulitan menelan

  4. Pusing

  5. Penyempitan pembuluh darah, yang bisa memicu serangan jantung


Pertolongan pertama bagi orang dengan alergi sengat lebah adalah memberinya epinefrin. Suntikan epinefrin dapat mencegah anafilaksis untuk sementara, dan setelah itu segera cari bantuan medis.

Namun, sebelum tersengat lebah sebaiknya lakukan pencegahan agar tubuh tidak menjadi sasaran sengat lebah, yaitu dengan cara:

  1. Jangan mengusik sarang lebah, karena lebah akan menyerang bila sarangnya terusik atau merasa terancam.

  2. Pilihlah pakaian berwarna muda dan hindari menggunakan pakaian berwarna cerah, karena hal itu akan menarik perhatian lebah.

  3. Lebah tertarik dengan wangi bunga, maka hindari menggunakan deodoran, cologne, parfum dengan wangi bunga ketika mengunjungi tempat-tempat rawan lebah, seperti taman bunga atau kebun.

  4. Hindari meninggalkan makanan di luar rumah dan jangan lupa menutup tempat sampah, karena lebah sangat tertarik dengan makanan.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar