Perisai Anti Asteroid

Asteroid dan objek luar angkasa lainnya selalu menjadi ancaman yang cukup menakutkan bagi planet kecil kita : Bumi. Kehancuran kehidupan di era jutaan tahun yang lalu dipercaya akibat dari sebuah Asteroid yang nekat nyelonong ke atmosfir kita dan menabrak bumi hingga menimbulkan kerusakan dasyat, gempa, tsunami, dan tertutupnya atmosfir dengan debu dari gunung yang meletus akibat gempa yang terjadi oleh ulah asteroid yang menggoyang kerak bumi.

Ditambah berita terbaru tentang kemunculan sebuah asteroid raksasa yang berukuran seluas 400 kali kota London yang tengah mengarah ke bumi, dan ilmuwan memperkirakan bahwa Asteroid berdimensi panjang 19 Km X Lebar 13 X Tinggi 13 Km tersebut akan memiliki jarak terdekat dengan bumi pada pekan depan (awal Februari 2012).

efek asteroid menabrak bumi
ilustrasi : efek asteroid jika menabrak bumi

Astroid yang di beri nama "(433) Eros" ini merupakan Astroid paling besar yang pernah mendekati bumi. Ditambah informasi terbaru dari para Ilmuwan NASA yang menyebutkan bahwa sebuah asteroid sebesar Bis akan berada pada jarak terdekat 59.130 Km dari bumi pada Jum'at depan 3 Februari 2012, dan bisa merupakan ancaman serius dan mematikan bagi peradaban manusia, walau para ilmuwan menyatakan bahwa Asteroid "2012 BX34" tersebut tidak akan mengancam bumi, dan hanya numpang lewat sebelum melanjutkan perjalanannya mengelilingi Galaksi Bima Sakti.

Namun begitu, ancaman dari 1000 lebih asteroid yang memiliki panjang lebih dari 1 Km, dan 19500 lebih Asteroid berukuran lebih dari 100 Meter yang sewaktu-waktu bisa mengancam bumi membuat Uni Eropa lewat project NEOShield tengah mengembangkan proyek "Perisai Bumi" yang diharapkan mampu beroperasi tiga tahun kedepan.

Ide dalam proyek perisai bumi atau Perisai Anti Asteroid ini adalah membuat berbagai perlindungan untuk bumi dari ancaman-ancaman benda langit seperti meteor dan asteroid yang diperkirakan bisa masuk ke bumi dan menabrak bumi. Dengan Bantuan dana sebesar $6,3 juta dari Komisi Eropa dan $2,7 Juta dari lembaga-lembaga ilmiah, German Aerospace Center ditugaskan untuk mengembangkan proyek NEOShield ini.

Ide-ide gila yang terlontar dari para peneliti tentang cara untuk menaklukkan ancaman serius bagi bumi ini adalah :
  • Kinetic Impactor, yaitu menggunakan misil raksasa yang berfungsi untuk menembak asteroid dan benda langit lainnya untuk membelokkan jalurnya keluar dari jalur yang dianggap membahayakan bumi.
  • Gravity Tractor, yaitu menciptakan alat gravitasi buatan yang diletakkan di luar angkasa, dimana fungsinya juga untuk menarik asteroid yang mendekati bumi dan membelokkan jalurnya.
  • Mass Attack, sebuah ide tentang melancarkan "perang" ke semua asteroid yang ada didekat bumi dengan kekuatan penuh dengan menggunakan rudal-rudal nuklir.
  • Blast Deflection, sebuah ide yang pernah di tayangkan di film bioskop "Armageddon" yang dibintangi oleh Bruce Willis dan Ben Affleck, dimana orang dikirimkan ke dalam Asteroid yang mendekati bumi dan meledakkannya dari dalam.

Akankah manusia mampu melawan "Keganasan Angkasa"? Mampukah manusia menghindari kehancuran yang dahulu pernah terjadi dengan saksi sejarah lembah Grand Canyon dan Kawah Barringer akibat hantaman Asteroid? Belum lagi ancaman Badai Matahari yang disebut-sebut mampu mengacaukan peradaban manusia. Bumi kita memang sudah tua.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar