Peta Terkecil Di Dunia

Sebuah terobosan sensasional dilakukan oleh para ilmuwan di Zurich - Jerman, dengan menciptakan peta Dunia 3D terkecil di jagad Raya. Dengan menggunakan teknologi terbaru dari IBM, membuat peta atau globe dunia 3 Dimensi ini hanya berukuran 11 mikrometer, yang membuat menjadi Peta Terkecil di Dunia, alias untuk melihat peta ini, dibutuhkan sebuah microskop khusus. Rekor ini telah diterima dan dicatat oleh Guinness World Record.

Dengan peta yang hanya berukuran 11 micrometer ini, maka dalam 1 butir garam, dapat dilukiskan sekitar 1000 peta sejenis. Kecil bgt yak??? Peta ini digambar dengan alat khusus bernama IBM nanopatterning tool, dengan "kanvas" berupa sebuah polymer dan terdiri dari 500 ribu pixel (titik) yang masing-masing berukuran 20 nM2 (nanometer persegi) alias 100 ribu kali lebih tajam dari ujung pensil tertajam, dan lebih kerennya, peta terkecil di dunia ini tercipta hanya dalam waktu 2 menit 23 detik.

peta 3d terkecil di dunia


Mesin IBM nanopatterning ini menggunakan prinsip memahat, dimana polymer dipahat permukaannya sehingga membentuk struktur 3D peta dunia, dengan sangat detail, seperti kedalaman laut, ketinggian gunung dan sebagainya.

Terobosan terbaru IBM dalam bidang Nanosized Elektronik ini akan membawa perubahan besar dalam dunia industri chips dan processor dimasa depan, termasuk dalam bidang kesehatan dan kedokteran.

ibm nanopatterning tool 20nm

Sepertinya kelak teknologi ini tak hanya mampu menciptakan sebuah peta terkecil didunia, namun juga akan mampu menciptakan komputer atau handphone sebesar perangko, flashdisk sebesar biji pasir, dan akan membawa revolusi dalam dunia elektronik, terutama dalam hal ukuran atau dimensi.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar