Ponsel Pertama Di Dunia

Handphone, HP, Ponsel, telepon genggam, mobile phone, dan seribu kata lainnya untuk menggambarkan sebuah perangkat kecil yang muat dalam genggaman, mampu bersuara, menerima dan mengirim pesan singkat, dan mampu berkomunikasi dengan perangkat komunikasi lain. Yap, benda kecil yang selalu berada di saku kita, yang tiap hari kita pencet tombol-tombolnya untuk mengirim SMS ucapan selamat ulang tahun kepada kekasih, atau Update Status di Facebook.

Ribuan merk dan jenis handphone beredar di penjuru dunia ini. Siapa yang tak kenal HP Blackberry? Siapa yang tidak kenal iphone, Android, Nokia, Samsung, Motorola dan sebagainya? Semua merk tersebut adalah icon eksistensi perangkat telekomunikasi genggam yang sudah menjadi sebuah kebutuhan utama dalam kehidupan sosial masyarakat modern.

Namun tahukah anda, siapa sebenarnya yang pertama kali menciptakan handphone? Atau pertanyaan apa sih Handphone pertama di dunia?

Jika dalam risalah-risalah modern disebutkan bahwa Martin Cooper, seorang peneliti dari Motorola Inc, sebagai pencipta ponsel pertama di dunia, atau beberapa versi lain menyebutkan Nicolas Joseph Cugnot atau bahkan Reginald Fessenden sebagai penemu pertama ponsel, maka hal menarik lain tentang penemu ponsel pertama bisa dibaca di bawah ini.

handphone pertama di dunia

Pencetus ide tentang Telepon nirkabel pertama adalah Alexander Graham Bell. Pada awal 1880, Alexander melakukan eksperimen telepon tanpa kabel di laboratoriumnya. Namun kemudian hasil ujicoba tersebut terlupakan oleh waktu. Baru pada tahun 1920, ide ini di ujicoba lagi oleh beberapa inventor.

Pada tahun 1922, W W McFarlane, melakukan eksperimen telpon mobile, yaitu sebuah perangkat telekomunikasi seperti gambar ilustrasi di atas dengan mengendarai mobil yang tengah berjalan, dan berhasil melakukan telekomunikasi dengan perangkat sejenis yang juga bergerak dalam mobil yang berjalan dari jarak 460 meter dengan hasil yang menakjubkan, mereka mampu melakukan komunikasi 2 arah dengan suara yang jernih dan jelas.

Eksperimen penciptaan Ponsel Pertama di Dunia lain adalah dengan menggunakan media yang cukup unik untuk melakukan komunikasi pada era tahun 1920-an tersebut, yaitu pompa hidran (untuk pemadam kebakaran), sebuah kotak telepon rancangan khusus, dan sebuah payung sebagai antena pemancar.

Berikut ini adalah video yang direkam pada tahun 1922, yang menggambarkan kondisi Ponsel Pertama di Dunia :

PONSEL PERTAMA DI DUNIA

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar