Terlalu Banyak Belanja Bisa Buat Orang Stres

img

Banyak orang yang beranggapan bahwa berbelanja bisa buat stres menjauh. Namun menurut penelitian, terlalu banyak berbelanja justru bisa meningkatkan stres pada mental seseorang.

Penelitian terbaru menemukan membawa tas belanja yang berat bisa meningkatkan kadar stres. Hal ini karena mereka yang hobi berbelanja terbebani oleh berat barang belanjaan seperti bahan makanan, pakaian dan bahkan hadiah belanja, sehingga mempengaruhi kesehatan mental yang membuat seseorang memikirkan hal-hal serius atau menyedihkan.

Jika tingkat stres meningkat maka seseorang akan mengalami masalah dalam pola tidur, kehilangan nafsu makan, sulit berkonsentrasi dan dampak kesehatan yang lebih serius termasuk tekanan darah tinggi. Selain itu, kegiatan tawar-menawar juga bisa membuat seseorang merasa kurang puas terhadap dirinya.

Akademisi dari Chinese University of Hong Kong dan National University of Singapore mengatakan bahwa "berbelanja dengan membawa barang berat bisa membuat orang lebih stres." Hasil studi yang dilaporkan dalam Journal of Consumer Research ini mendukung penelitian sebelumnya yang mana menunjukkan berat secara fisik bisa mempengaruhi beban psikologis seseorang.

"Pengalaman fisik yang membuat seseorang membawa beban berat bisa mempengaruhi penilaian orang tersebut terhadap suatu hal serta beban psikologis salah satunya adalah stres," ujar peneliti Meng Zhang dan Xiuping Li, seperti dikutip dari Times of India.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar