Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Menyala

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Menyala | Permasalahan seperti ini sudah sering kali saya temui bahkan saat ini saya sedang mengerjakan komputer seorang rekan kerja yang komputer gak bisa menyala sama sekali padahal sudah di hubungkan ke arus listrik. Buat sobat-sobat yang sudah terbiasa dengan bongkar pasang komputer pasti sudah tidak menjadi masalah yang berarti. Nah, bagaimana jika sobat yang masih awam dengan komputer mengalamai hal seperti ini yang komputernya gak bisa menyala. Wah, pasti panik dan pusing tujuh keliling tuh, tetapi sobat tenang saja karena pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu yang saya miliki kepada sobat sekalian bagaimana Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Menyala, dalam kasus ini hanya pada bagian kelistrikannya saja yang saya bahas. Untuk bagian Hardware yang lainnya akan di bahas pada post selanjutnya. Baiklah sobat, kita langsung saja belajarnya, cekidot...

1. Cek Colokan dan Arus Listrik

Langkah Pertama yang mesti sobat perhatikan yaitu arus listrik pada area sobat mencolokkan kabel power di komputer sobat. Seperti Stok Kontak tempat colokan sobat, apakah ada yang bermasalah, jika ada yang bermasalah segera memperbaikinya dan menggantinya dengan colokan yang baru. Tetapi jika colokan tersebut baik-baik saja kemungkinan besar permasalahan ada pada komputer sobat.

2. Cek Kabel Power

Langkah selanjutnya adalah memeriksa kabel Power, jangan terburu-buru membongkar komputer sobat. Periksa terlebih dahulu kabel Powernya, untuk memeriksa apakah kabel tersebut baik-baik saja. Sobat bisa mencoba kabel Power yang bagus untuk mengecek apakah kabel tersebut bermasalah atau tidak. Ketika sobat mencoba menggunakan kabel Power yang bagus dan komputer sobat menyala berati permasalahannya terletak pada kabel Power sobat, segera menggantinya dengan kabel Power yang baru. Jika sudah mencoba kabel Power yang baru dan komputer sobat masih tetap tidak menyala juga. Berarti permasalahan bukan pada kabel Power sobat, kemungkinan besar permasalahannya ada pada komputer sobat (CPU).

3. Cek Power Supply

Langkah selanjutnya yaitu sobat boleh membongkar komputer sobat untuk melakukan pengecekan terhadap Power Supply-nya. Siapkan Power Supply yang bagus dari komputer lain dan pastikan Power Supply tersebut dalam keadaan baik (berfungsi). Bongkar dan pasang Power Supply yang bagus tersebut di komputer sobat. Jika komputer sobat menyala, berarti kerusakan ada pada Power Supply komputer sobat, segera ganti Power Supply yang rusak tersebut dengan Power Supply yang baru. Yang mesti sobat perhatikan sebelum membeli Power Supply yang baru, sebaiknya sobat mengetahui terlebih dahulu berapa watt yang digunakan oleh Power Supply sobat, jangan sampai sobat membeli Power Supply yang tidak sesuai dengan Power Supply sobat.

Itulah beberapa tips untuk Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Menyala. Jika ada kesalahan dalam cara saya menyampaikan, agar kiranya sobat membetulkannya dan jika masih ada yang kurang silahkan ditambahkan lagi sehingga artikel ini lebih lengkap dan lebih bermanfaat untuk kita semua.

Semoga dapat bermanfaat buat sobat. Salam .:: cepplux software easy ::.

Wassalam . . .

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar