Cara Menghindari Kiriman Email SPAM

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya gak share software dulu, soalnya saya akan berbagi sedikit tips dan juga trik dalam menjaga akun email sehingga tidak menjadi sasaran para SPAMMER. Mungkin sebagian sobat sudah gak asing lagi dengan kata “SPAM” bukan??? Yang tentunya sering membuat kita resah ketika mendapatkan kiriman email SPAM. Jujur saja sobat, ada beberapa akun email saya yang menjadi sasaran empuk para SPAMMER yang hanya ingin mendapatkan keuntungan semata tanpa melihat resiko dari perbuatannya tersebut. Tiap hari saya mesti membersikan email saya dari serbuan email SPAM. Hal ini terjadi karena kelalaian saya sendiri dalam mengelolah email tersebut, yang sering saya gunakan untuk berkomentar pada blog sobat Blogger dan juga email tersebut saya publish di blog ini pada beberapa postingan.
Nah, berikut ini beberapa cara yang mesti dilakukan untuk menghindari kiriman email SPAM :
  1. Jangan mudah mempromosikan akun email sobat. Sebelum sobat mempromosikan email sobat, sebaiknya difikir ulang lagi, apa bila dirasa sangat perlu sebaiknya menggunakan email yang khusus untuk media promosi. Jika banyak email SPAM yang masuk tinggal di delete saja, tanpa mengganggu email yang lain  yang lebih penting.
  2. Agar email terhindar dari incaran program pencari email, sebaiknya email yang sobat tuliskan dimodifikasi sehingga karakternya berubah dan tidak sama lagi dengan format penulisan email yang sebenarnya. Misalnya karakter @ diganti menjadi “(at)” tanda titik diganti menjadi “(dot)”. Jadi penulisan asissugianto@yahoo.co.id diganti menjadi asissugianto(at)yahoo(dot)co(dot)id. Atau mungkin sobat bisa berkreasi sendiri untuk menciptakan karakter yang unik dalam penulisan akun email sobat. Sehingga susah terdeteksi oleh mesin pencari email.
  3. Jangan mudah memasukkan email sobat ke suatu situs website, blog, dan forum pada suatu komentar sobat. Jika terpaksa, sebaiknya gunakan email yang khusus dibuat untuk dijadikan email komentar. Atau bisa juga sobat menggunakan email yang fiktif (tidak valid) untuk menghindari incaran program pencari email seperti web extractor.
  4. Jika email SPAM sudah terlanjur masuk ke akun email sobat (inbox), jangan merespon email tersebut dan jangan pernah untuk membalas (reply) email tersebut. Jika terdapat link di dalam isi email tersebut, jangan sesekali untuk mengklik link tersebut. Kemungkinan ini adalah salah satu trik dari SPAMMER untuk mengecek apakah email sobat valid atau tidak.
  5. Sebaiknya menggunakan penyedia jasa layanan email yang telah teruji kualitasnya serta mempunyai fasilitas untuk mendeteksi jika ada kiriman email SPAM (SPAM Detector) yang masuk ke akun email sobat. Sobat bisa menggunakan Yahoo!, Google, MSN, GMail dan Hotmail untuk membuat email.

Beberapa cara menghindari kiriman email SPAM di atas tidak akan berguna jika sifat kita sebagai user yang berinteraksi dengan email tidak memiliki etika dan semau kita dalam melakukan promosi ke semua orang dengan akun email yang sama. Walaupun penyedia email yang kita gunakan sudah dilengkapi dengan fasilitas pendeteksi SPAM, akan tidak berguna jika kita tidak bisa mengelolah email dengan baik.

Cukup sekian dulu tips dan trik dari saya dalam mengelolah email yang baik sehingga tidak menjadi sasaran kiriman email SPAM. Semoga dapat bermanfaat buat sobat sekalian, salam .:: cepplux software easy ::.

Wassalam . . .

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar