Cara Membuat Menu Login Menggunakan Delphi Part II

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Sebelumnya kemarin saya sudah share Cara Membuat Menu Login Menggunakan Delphi, nah pada kesempatan kali ini saya akan melengkapi postingan tersebut sehingga lebih baik dan tentunya program Menu Login tersebut akan semakin menarik lagi. Olehnya itu saya memberikan judul Cara Membuat Menu Login Menggunakan Delphi Part II. Di postingan kali ini saya hanya menambahkan saja sehingga ketika kita memasukkan Password ke dalam kotak isian Password maka Password tersebut tidak nampak dan digantikan dengan karakter bintang (*) dan jika bukan pengguna sah yang login ke dalam sistem tersebut maka program tidak akan lanjut dan memunculkan pesan popup. Sepertinya sobat sekalian sudah ada gambaran tentang apa yang akan saya bahas nih. Kalau begitu mari kita langsung saja belajarnya sobat gak perlu buang-buang waktu lagi sobat, cekidot...


1. Buat Desain Form seperti di bawah ini :

2. Pada Edit2 ubah PasswordChar menjadi * (bintang) hal ini supaya ketika kita mengetikkan Password maka Password yang kita ketikkan tidak kelihatan dan digantikan dengan karakter * (bintang).

3. Tambahkan Form2 untuk menjadi tujuan dari Form1 ketika kita melakukan Login dengan memasukkan Username dan Password yang benar. 

4. Klik dua kali Button Login dan ketikkan Listing berikut ini :
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
if(Edit1.Text = 'ashtho') and
(Edit2.Text = 'software') then
Form2.Show;
Form1.Hide;
Application.MessageBox(‘Maaf Anda Tidak Bisa Log in,'Message',0) ;
Exit;
end;

*) Kode yang bercetak tebal itu merupakan Kode dasar dari Delphi.

Dengan Logika, jika kita memasukkan Username ‘ashtho’ dan Password ‘software’ maka kita berhasil masuk ke Form2 dan Form1 tersembunyi. Jika salah memasukkan Username dan Password maka akan muncul pesan kesalahan.

5. Klik dua kali Button Exit dan masukkan Listing berikut ini : 
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Application.MessageBox(‘Apakah Anda Yakin Ingin Keluar!!!,'Message',0) ;
end;
end.



Nah cukup mudah khan cara membuatnya sobat??? Semoga dapat memberikan manfaat untuk sobat.
Salam .:: cepplux software easy::.

Wassalam . . .

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar