Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Gadget Android

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Saat ini fenomena kehadiran Android sudah sangat mendunia dengan perkembangannya yang begitu pesat di tahun-tahun terakhir ini. Terbukti hampir di seluruh penjuru dunia sudah mulai menggunakan Android, hal itu dikarenakan oleh sifatnya yang Open Source yang semua orang memiliki hak untuk melakukan perubahan terhadap Android tersebut. Inilah yang menyebabkan kenapa Android bisa berkembang dengan sangat cepatnya. Berbeda halnya dengan BlackBerry yang saat kehadirannya pertama kali langsung membuming dan mengambil alih pasar SmartPhone. Tetapi sekarang BlackBerry seakan tersaingi oleh kemunculan Android, seandainya di BlackBerry tidak terdapat fitur unggulan seperti BBM (BlackBerr Messengger) yakin dan percaya BlackBerry akan hilang oleh kemunculan Android. Saya rasa sobat sekalian lebih tahu perbedaan Android dan BlackBerry dibadingkan saya, apalagi buat sobat sekalian yang sudah pernah menggunakan kedua gadget tersebut.
Beda halnya dengan saya yang hanya bisa membaca artikel sebagai referensi dan hanya bisa membayangkan Gadget-Gadget tersebut, dikarenakan kemampuan yang belum bisa untuk memiliki gadget tersebut. Nah, untuk itu dikesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu untuk sobat sekali sebelum membeli Gadget Android. Beriku hal-hal yang perlu sobat perhatikan sebelum membeli Gadget Android, cekidot...

1. Modal (Uang/Badget)
Yang pertama kali yang mesti sobat persiapkan sebelum membeli Gadget Android adalah modal sobat. Saat ini Gadget Android sudah bisa dimiliki hanya dengan modal 1 – 2 jutaan saja. Tentunya Hardware dan Merk mempengaruhi harga.

2. Merk
Kenapa Merk mesti menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli Android??? Hal ini dikarenakan setiap Android pada suatu Merk itu berbeda. Berbeda dalam artian bukan OS Androidnya melainkan kualiatas suatu Hardware pada masing-masing Merk itu berbeda. Jika sobat ingin memiliki Android dengan kemampuan yang luar biasa, maka sobat bisa menentukan Merk yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Tapi dengan konsekuensi yang mesti sobat tahu yaitu harga akan sangat mempengaruhi.

3. Hardware
Hardware juga merupakan salah satu kebutuhan yang perlu dipertimbangkan sebelum sobat membeli Gadget Android. Hal ini untuk memudahkan sobat sekalian untuk mengoperasikan dan tentunya kenyaman sobat akan Gadget Android tersebut. Sebagai contoh yang mesti sobat perhatikan adalah Processor pada Gadget Android tersebut, untuk hasil yang baik sobat bisa menjadikan Processor ini sebagai acuan sobat, yaitu 600 MHz - 800Mhz atau bahkan yang 1 GBz ke atas untuk performa yang lebih baik. Processor ini sangat mengambil peran penting pada suatu Gadget Android, karena Processor bisa dikatakan sebagai otak dari Smartphone tersebut. Selanjutnya adalah Memory pada Gadget Android tersebut, sebaiknya memilih yang Memory-nya sudah tinggi, semisal 512 Mb ke atas. Yang tidak kalah pentingnya yaitu Graphics Processing Unit (GPU) yeng merupakan komponen terpenting untuk tampilan gambar atau grafik. Selain itu masih banyak lagi yang mesti diperhatikan pada Hardware, seperti Layar, Camera, Baterai dan lain sebagainya. 

4. Akun Gmail
Ini merupakan hal terpenting yang mesti sobat perhatikan sebelum membeli Gadget Android yaitu menyiapkan Akun Gmail sobat. Hal ini dikarenakan Gadget Android tidak bisa dipisahkan dengan Google yang merupakan otak dibalik Gadget Android ini. Dan pada kenyataannya semua fitur yang ada di Gadget Android semuanya kebanyakan layanan dari Google dalam versi Mobile-nya. Bahkan untuk melakukan Transaksi di market Android, Gmail lah yang sangat berperan.

5. Kemampuan Untuk Upgrade OS
Bagi kita sebagian orang yang masih awam dengan Gadget Android pasti tahunya asal punya saja dan tidak mau tahu apa dibalik Gadget Android itu. Tapi pada dasarnya kita mesti tahu akan hal itu. Kemampuan untuk Upgrade OS paling penting untuk diperhatikan, karena sifat Android yang Open Source yang selalu berubah-ubah maka dukungan teknis seperti kemampuan untuk Upgrade OS harus sangat perlu diperhatikan.

6. Sistem Operasi yang Digunakan
Sistem Operasi pada Android itu sangat banyak dan selalu di update secara berkala. Nah, buat sobat sekalian yang ingin membeli Gadget Android, sebaiknya memperhatikan Sistem Operasi pada Android tersebut, jika Gadget Android yang sobat akan beli sudah pada versi terbaru silahkan sobat membelinya, tapi  jika bukan versi terbaru saya tidak menyarankan untuk tidak membelinya. Tetapi perhatikan dulu apakah OS yang sekarang itu bisa di upgrade ke versi terbarunya.

7. Mencari Informasi Mengenai Gadget Android Sebelum Membeli
Mungkin yang paling bisa diandalakan sebelum kita membeli Gadget Android, karena jika kita tidak memiliki pengetahuan akan Gadget Android yang akan kita beli. Saya yakin sobat pasti tidak mendapatkan Gadget Android sesuai dengan harapan sobat. Walaupun modal sobat banyak untuk membeli Gadget Android dengan Merk terbaik dan juga Hardware terbaik. Tetapi pengetahuan sobat akan semua aspek tersebut tidak ada, pasti sobat sendiri yang rugi. Olehnya itu sebelum membeli agar kiranya sobat teliti terlebih dahulu dan mencari informasi sebanyak-banyak.

Wah, sepertinya postingan saya kepanjangan nih sob. Tak apalah sekali-sekali membuat postingan yang berbobot. Itulah beberapa Tips dari saya untuk sobat sekalian sebelum membeli Gadget Android. Jika ada kesalahan dalam cara saya menyampaikan agar kiranya dibenarkan dan jika masih ada tambahan silahkan ditambahkan di komentar postingan ini. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Salam .:: cepplux software easy ::.

Wassalam . . . 

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus