Versi-Versi Sistem Operasi Android

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Sebelumnya saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada sobat sekalian, jika saya belakangan ini sangat jarang untuk share software. Hal ini dikarenakan saya gak punya banyak waktu untuk mengupload software. Jikapun sempat untuk share software itu hanya dari direct Link yang saya dapatkan. Dan terkhusus yang telah me-request software kepada saya, agar kiranya maklum karena kesibukan saya begitu padat, jadi mungkin sedikit telat untuk mewujudkan permintaan sobat. Baiklah pada kesempatan yang berharga ini saya akan share sedikit ilmu mengenai Android. Saya harap sobat sekalian tidak bosan dengan tema Android yang sering saya angkat di postingan blog ini. Kali ini saya share Versi-Versi Sistem Operasi Android yang pernah dirilis dari awal hingga akhir, bahkan yang masih dalam tahap perencanaan yang tentunya belum dirilis, tetapi tidak menuntut kemungkinan cepat atau lambat akan dirilis secepatnya. Kalau begitu kita langsung saja menyimak Versi-Versi Sistem Operasi Android berikut ini, cekidot...

1. Android 1.1
9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, Voice Search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2. Android 1.5 Cupcake
Android Cupcake dirilis pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake).

Pembaharuan dan penambahan fitur untuk pemakaian Android di Handphone:
  • Kemampuan dalam merekam dan menonton video
  • Menunggah atau meng-Upload video ke YouTube
  • Menunggah atau meng-Upload gambar ke Picasa
  • Support Bluetooth A2DP
  • Tampilan animasi layar
  • Keyboard yang dapat disesuaikan pada layar
3. Android 1.6 Donut
Android Donut dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol Applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; Camera, Camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text To Speech Engine; kemampuan dial kontak; teknologi Text To Change Speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA).

4. Android 2.0/2.1 Eclair
Android Eclair dirilis pada tanggal 3 Desember 2009 kembali diluncurkan Handphone Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan Hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan Browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan Flash untuk kamera 3,2 MP, Digital Zoom dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi Mobile terbaik (Killer Apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah Handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada Sistem Operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam Sistem Operasi Android adalah Shazam, Backgrounds dan WeatherBug. Sistem Operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

5. Android 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt)
Android Froyo yaitu Android versi 2.2 diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2010, dengan perubahan terhadap versi Android sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript Engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada Browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot Portabel, dan kemampuan Auto Update dalam aplikasi Android Market.

6. Android 2.3 Gingerbread
Android Gingerbread diluncurkan pada tanggal 6 Desember 2010. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (Gaming), peningkatan fungsi Copy Paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, Equalization, Headphone Virtualization, dan Bass Boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC) dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7. Android 3.0/3.1 HoneyComb
Android HoneyComb dirancang khusus untuk Tablet, di sini Anda dapat melihat Tablet yang memakai Android untuk Sistem Operasi beserta harga Tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada HoneyComb juga berbeda karena sudah didesain untuk Tablet. HoneyComb juga mendukung Multi Prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (Hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan HoneyComb adalah Motorola Xoom.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS)
Android Ice Cream Sandwich diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur HoneyComb untuk Smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

9. Android 5.0 Jelly Bean
Android Jelly Bean 5.0 ini belum pasti akan dirilis dan masih menjadi bahan perdebatan. Tetapi dari sumber terpercaya mengatakan Jelly Bean sendiri baru akan dirilis pada kuartal II-2012 atau sekitar Juni mendatang.

10. Android 6.0 Key Lime Pie
Google dikabarkan akan menggunakan nama Key Lime Pie untuk versi Android yang datang setelah Android 5.0 Jelly Bean. Padahal, Jelly Bean sendiri baru akan dirilis pada kuartal II-2012 atau sekitar Juni mendatang. Berdasarkan laporan The Verge, yang mendapat bocoran dari sumber terpercaya, Google berencana menggunakan nama Key Lime Pie untuk versi Android setelah Jelly Bean. Singkatnya, Android itu akan disingkat dengan inisial KLP. Key Lime Pie melanjutkan tradisi nama makanan penutup sebagai kode Android.

Tradisi ini dimulai dari Android sebelumnya yaitu Cupcake, Donut, Eclair, Froyo (Frozen Yoghurt), Gingerbread, HoneyComb dan Ice Cream Sandwich.

Inilah beberapa Versi-Versi Sistem Operasi Android, baik yang sudah dirilis dan belum dirilis. Semoga dapat memberikan manfaat untuk sobat sekalian. Salam .:: cepplux software easy ::.

Wassalam . . .

Sumber :
Wikipedia.com
Kompas.com
(Telah melalui revisi bahasa agar lebih mudah dipahami dan lebih akrab dengan para pembaca setia blog ini).

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar