Cara Membuat Backup Komputer Menggunakan Active@ Boot Disk

Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk
Assalamu alaikum Wr. Wb.
Buat sobat yang sudah mendownload Active@ Boot Disk di blog ini ada yang mempertanyakan tidak cara menggunakan software tersebut??? Pastinya dari sekian banyak sobat yang pernah mampir dan melihat postingan tersebut sempat bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan software tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk share Cara Membuat Backup Komputer Menggunakan Active@ Boot Disk.
Diantara sobat sekalian sudah memiliki Backup gak nih untuk komputer sobat sendiri, sebagai langkah awal antisipasi jika sewaktu-waktu nanti komputer sobat megalami masalah terhadap system komputer sobat atau bahkan data pada Drive Harddisk sobat hilang??? Jika belum, semoga dengan menyimak artikel ini sobat dengan segera membuat Backup komputer sobat sehingga nanti jika komputer sobat bermasalah, sobat gak perlu instal ulang lagi yang membutuhkan waktu berjam-jam. Sedangkan dengan menggunakan cara ini sobat hanya menghabiskan waktu sekitar 10 – 20 menit saja dan komputer sobat sudah pulih kembali. Baiklah kita langsung saja belajar Cara Membuat Backup Komputer Menggunakan Active@ Boot Disk, cekidot...

1. Siapkan CD Boot Active@ Boot Disk terlebih dahulu, jika sobat belum punya, silahkan langsung saja didownload di sini.

2. Masukkan CD Boot Active@ Boot Disk ke CD ROM komputer sobat dan atur BIOS sehingga Device yang pertama membaca adalah CD ROM.

3. Jika Active@ Boot Disk sudah berjalan, selanjutnya perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk membuat Image Backup. Klik ikon Active@ Boot Disk yang ada di kiri paling bawah seperti tombol Start pada Windows. Pilih Programs lalu pilih Active@ Disk Image.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

4. Jika jendela Active@ Disk Image sudah terbuka, maka sobat akan diperhadapkan dengan beberapa ikon menu. Sobat fokus saja dengan Disk to Image untuk membuat Backup komputer. Klik dua kali (double klik) untuk menjalakan proses Backup tersebut.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

5. Klik Next untuk melanjutkan.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

6. Selanjutnya tentukan Drive Harddisk yang akan sobat buatkan Backup (Image). Biasanya yang dibuatkan Image yaitu Drive dimana Sistem Operasi terinstal. Jika sudah, klik Next untuk melanjutkan.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

7. Pada Local or Network file, silahkan sobat menentukan tempat dimana sobat aka menyimpan file Image untuk Backup komputer sobat. Klik Next saja untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

8. Selanjutnya pada bagian Compression sobat pilih Normal (recommended), Image Splitting biarkan saja pada posisi Automatic (try single file), untuk Password Protection sobat bisa mengisikan password untuk keamanan file Backup sobat. Jika semua sudah diatur, klik Next untuk melanjutkan proses ke tahap berikutnya.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

9. Klik Next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

10. Klik Next lagi untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

11. Proses pembuatan Backup sedang berlangsung, silahkan sobat menunggu sampai proses selesai 100 %. Biasanya lama atau sebentarnya proses tergantung dari size Drive yang dibuatkan Backupnya.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

12. Klik Finish untuk mengakhiri pembuatan Backup.
Backup Komputer dengan Active@ Boot Disk

Bagaimana sobat, cukup mudahkan untuk Cara Membuat Backup Komputer Menggunakan Active@ Boot Disk. Nah, ini hanya sebatas cara membuat Image Backupnya saja, untuk cara mengembalikan Image Backup ini jika suatu saat komputer kita sedang mengalami masalah, akan saya share juga di blog ini di kesempatan berikutnya. Jadi monitoring terus blog ini untuk mendapatkan update informasi tentang dunia komputer. Semoga dapat bermanfaat buat sobat, salam .:: cepplux software easy ::.

Wassalam . . .

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar