Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight

Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight
Assalamu alaikum Wr. Wb.
Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight | buat sobat yang sudah tidak asing lagi dengan dunia Jaringan Komputer (Networking) pastinya sudah tidak asing lagi dengan dua kata ini yaitu Cross Over dan Straight. Permasalahannya adalah buat sobat yang tidak tahu sama sekali pasti akan sangat kebingungan menbedakan antara kabel Cross Over dan kabel Straight.
Untuk itu pada kesempatan kali ini saya sempatkan untuk share Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight. Kabel Cross Over biasanya digunakan pada suatu jaringan komputer untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sejenis. Dalam artian perangkat yang pungsinya sama, seperti menghubungkan Hub dengan Hub serta menghubungkan Komputer dengan Komputer, Komputer dengan Laptop, Hub dengan Access Point atau lebih sering disebut dengan koneksi jaringan peer to peer. Untuk lebih jelasnya Cross Over digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama-sama memiliki Sistem Operasi atau sama-sama tidak memiliki Sistem Operasi. Sedangkan Kabel Straight biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berbeda jenisnya. Seperti menghubungkan Komputer dengan Hub, Komputer dengan Modem, dan lain sebagainya yang bisa dikatakan salah sataunya memiliki Sistem Operasi. Selain itu susunan kabel-kabel pada pemasangan koneksi juga sangat berbeda antara kabel Cross Over dan Kabel Straight. Untuk cara memasang kabel tersebut akan saya share di postingan berikutnya. Dari penjelasan ini sepertinya sudah cukup jelas Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight. Tetapi untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini :

Contoh Penggunaan kabel Cross Over :
Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight
Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight

Contoh Penggunaan kabel Straight :
Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight

Bagaimana sobat, apa sekarang sudah mengerti Perbedaan Kabel Cross Over dan Kabel Straight??? Kalau sudah mengerti saya ucapkan Alhamdulillah, tetapi kalau masih belum mengerti juga, silahkan layangkan pertanyaa di kotak komentar.

Semoga dapat memberikan manfaat, salam .:: cepplux software easy ::.

Wassalam . . .

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar